Agus Riyanto: Jangan Sampai Orang Jawa Ilang "JOWONE"

KLATEN MATTANEWS.COM -  Dewan Kesenian Kabupaten Klaten dengan difasilitasi Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Klaten menggelar sarasehan Budaya Jawa di Pendapa Kabupaten Klaten, Senin lalu.Sarasehan budaya ini mengangkat tema “Revitalisasi Budaya Jawa untuk meningkatkan dan memantapkan nasionalisme Indonesia”, menampilkan dua nara sumber yakni Agus Riyanto yang juga ketua DPRD Klaten serta FX Setyawan dari Dewan Kesenian Klaten.
 
Agus Riyanto saat tampl sebagai pembicara
Agus Riyanto usai acara ditemui mengatakan suah saatnya bangsa Indonesia kembali ke jati diri semula yakni lebih mengenal budaya leluhur nenek moyang yang penuh dengan filsafat hidup dan nilai nilai luhur tinggi. Hal ini perlu ditekankan karena di jaman NOW saat ini banyak masuk budaya asing baik dari dunia barat dan timur tengah yang justru tumbuh subur “ingin” mendominasi semua kegiatan seni budaya di Inonesia. Maka pengenalan serta penghayatan kembali nilai nilau luhur yang terkadung dalam budaya nenek moyang perlu ditanamkan sejak dini terutama pada kaum generasi muda.

“Jangan sampai orang Jawa ilang Jowone. Kita bangsa Indonesia dengan segala ragam budaya harus kita pertahankan dan lestarikan demi anak cucu kita nanti. Jangan sampai anak cucu kita belajar tentang budaya Indonesia harus pergi keluar negeri”, tegasnya.

Bupati Klaten Sri Mulyani yang diwakili Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Setda Kabupaten Klaten, Slamet Widodo menyambut baik diadakannya sarasehan Budaya Jawa ini.

“Keberadaan budaya Jawa perlu terus dirawat dan dikembangkan agar tumbuh kecintaan dan kebanggaan pada jati diri bangsa. Budaya Jawa perlu terus dilestarikan agar tidak punah ditelan kezaliman zaman. Karena itu, masyarakat, terutama generasi mudanya perlu mencintai budaya bangsanya sendiri,” tandasnya.(kam)
Share on Google Plus

Salam mattanews com

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...