Ny Irma Soemanto. Istri Mantan Bupati Klaten Priode Tahun 1975 - 1985 Wafat..



Almarhum  Irma Soemanto saat dampingi mantan bupati Klaten Hj Sri Hartini
KLATEN MATTANEWS.COM – Inna lillaahi wa inna illaihi roji’un. Klaten kembali kehilangan salah satu putra terbaiknya. Hj Irma Syamsoedin Soemanto, istri almarhum Letkol Inf Soemanto mantan bupati Klaten priode tahun 1975 – 1985, Senin ( 20/11)  telah meninggalkan kita semua untuk menghadap Tuhan Yang Maha Kuasa dalam usia 80 tahun. Rencananya almarhum ibu Irma Soemanto akan dimakamkan pada Selasa (21/11) di makam Damaran berangkat dari rumah duka kampung Damaran, Klaten Tengah pukul 14.00.

Selain sebagai istri Bupati, semasa hidupnya beliau aktif di berbagai kegiatan sosial dan keagamaan yang ada di Klaten.Beberpa jabatan dan kegiatan yang ditekuni selama ini antara lain pengajian ahad pagi atau pengajian Al-Iklas, LVRI, Pepabri, Purna bakti praja Klaten, paguyuban kusuma mulya Yogyakarta, ikut kegiatan purna pertiwi Surakarta serta berbagai kegiatan sosial kemanusiaan lainnya.
Almarhum Ny Irma Soemanto
Dikenal sebagai sosok perempuan tangguh, almarhum juga dikenal sebagai ibu yang tegas baik. Kepergian beliau untuk menghadap Yang Maha Esa meninggalkan 4 orang anak dan sejumlah cucu. Iwan Lukito beserta keluarga  tingggal di Surabaya, Ronny Roekminto beserta keluarga kini menjabat sebagai staf ahli Bupati yang juga mantan kepala Dinkes kabupaten Klaten, Otto Saksono dan keluarga ketua Kadin Klaten dan mantan ketua Gapensi serta ketua KONI Klaten, serta Dodhy Hermanu PNS beserta keluarga.

Ronny Roekminto mewakili keluarga mengatakan selain sudah lanjut usia almarhum akhir akhir ini memang kesehatannya sering menurun dan kurang baik. Hingga akhirnya dia dan semua keluarga yang lain mengiklaskan ketika Tuhan memanggil beliau untuk pergi menghadapNYA.

Dimata keluarga lanjut Ronny sosok almarhum dikenal sebagai wanita yang kuat, tegar, tegas dan berkepribadian namun juga humoris. Sehingga walau sudah usia lanjut almarhum masih aktif diberbagai kegiatan sosial amal serta keagamaan.”Alamarhum ibu dan bapak hampir sama. Tegas, keras namun hummoris, sehingga kami selaku anak-anak bisa seperti ini karena didikan beliau”, ujarnya.

Dimata tetangga sosok almarhum hajah Irma Soemanto dikenal sebagai pribadi yang baik, ramah tegas, disiplin dan bijaksana. Sehingga berbagai jabatan ketua disandang beliau khususnya dikegiatan sosial dan keagamaan.    

“Walau sudah sepuh namun semangat beliau untuk maju masih tampak dari semua kegiatan yang diikutinya, mulai kegiatan sosial, seperti kegiatan dipanti asuhan anak yatim, panti jompo, kegiatan sosial lainnya hingga kegiatan keagamaan. Beliau sangat ramah, supel dan entengan, sehingga semua tetangga sangat senang dengan beliau”, ujar Tjepik Soetardjono BBA tetangga almarhum yang juga  mantan kepala Dipenda Klaten.
 
Putra-putra almarhum Irma Soemanto
Almarhum Irma Soemanto memang tidak disemayamkan di taman makam pahlawan Ratna Bantala Klaten bersanding dengan Letkol H. Soemanto sang suami yang telah dulu mendahului. Hal ini disadari keluarga karena sang ibu bukan pejabat negara. Selamat jalan bu Manto, semoga Tuhan memberi tempat terbaik untukmu disana. Dan semoga diberi kekuatan, ketabahan serta keiklasan bagi keluarga yang ditinggalkan. (mt1/red)

 
Share on Google Plus

Salam mattanews com

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...