Presiden JOKOWI Bantu Pembuatan Embung Di Obyek Wisata Delles Sidorejo Kemalang.



Lokasi pembuatan embung bantuan Presiden
KLATEN MATTANEWS.COMPresiden Republik Indonesia Joko Widodo berkenan memberi banatuan sebesar Rp 150 juta bagi warga desa Siderejo,kecamatan Kemalang Klaten di lereng gunung Merapi guna pembuatan embung. Warga sedikit bernafas lega, pasalnya dalam waktu dekat ini ketakutan akan keurangan air pada musim kemarau dapat sedikit teratasi dengan di realisasikannya pembangunan embung. Yang berada di sekitar obyek wisata Deles Indah tak jauh dari koplek pesanggrahan Paku Buwono X.

Jumakir Kepala Desa Sidorejo Kemalang mengatakan pembangunan embung diatas tanah seluas 1,5 hektar tersebut saat ini sudah berjalan. Sedang lahan yang digunakan meliputi tanah kas desa dan sebagain tanah warga.

Dengan Adanya embung tersebut lanjut Jemakir di harapkan mampu menampung dan mencukupi kebutuhan air bagi warga di saat musim kemarau. Selama ini, setiap musim kemarau, warga di sekitaran lereng Merapi harus mengeluarkan harus membeli air bersih untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Satu tangki air dengan kapasitas 5000 liter menurut Jemakir hanya di bisa mencukupi kebutuhan selama satu minggu.

“Satu tanki 5000 liter hanya bisa di gunakan selama kurang lebih satu minggu dengan harga sekitar 250 ribu” kata Jemakir.

Selain sebagi sarana untuk memenuhi kebutuhan air, rencananya embung yang akan di kelola BUMDes itu akan di jadikan obyek wisata alternatif di lingkungan tempat wisata Deles Indah. Pembangunan embung sendiri di targetkan selesai pada tahun 2017, walau masih banyak kekurangan biaya dalam pembangunan embung. Di perkirakan untuk pembangunan embung Sidorejo akan menelan biaya sebesar 500 juta, untuk itu Jemakir berharap bantuan dari pemerintah daerah ataupun donatur lain untuk merealisasikan pembangun embung Sidorejo.

Apa yang dilakukan warga Sidorejo ini, sejalan dengan kebijakan yang kini ditempuh plt Bupati Klaten hj Sri Mulyani dalam upaya mengoptimalkan semua potensi daerah agar dapat dijadikan aset wisata baik kuliner, alam atau budaya yang nantinya mampu meningkatkan kesejahteraan warga sekitar. Dan selain embung di sidorejo Saat ini Pemda juga merencanakan membuat beberapa embung lainnya.(adv/red) 
(hil)
Share on Google Plus

Salam mattanews com

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...