Majegan Tulung Klaten Kampung Seribu Jamu.



Peresmian Majegan sebagai kampung seribu jamu.
KLATEN MATTANEWS.COM Desa Majegan, Kecamatan Tulung Klaten Jawa Tengah, dicanangkan sebagai kampung Jamunya Klaten. Pencanangan sebagai kampung jamu dilakukan camat Tulung Rohmat Sugiyanto Minggu ( 19/11) ditandai dengan minum jamu bersama-sama.

Diatas tanah seluas 6 hektar warga dan petani setempat menanam beragai jenis tanaman jamu dan obat-obatan herbal seperti, jahe, lengkuas, temulawak, kencur, kunir putih, gingseng sambiroto, sirih kayu manis, okra, buah tien  dan berbagai tanaman jamu lainnya. Rencananya selain diproduksi sendiri sebagai kegiatan home industri warga, hasil panen akan dikirim ke sebuah pabrik jamu terkenal. Sehingga selain sebagai desa penghasil jamu, Majegan dikenal sebagai salah satu penyuplai bahan jamu untuk pabrik jamu ternama.

Ketua asosiasi pengobatan tradisional Klaten Sugiman menyambut baik langkah yang diambil pemerintah desa Majegan dalam hal ini masyarakatnya yang sudah mulai peduli akan kesehatan herbal. Menurut Sugiman obat-obatan herbal sudah ada sejak jaman nenek moyang dan menjadi obat yang sangat ampuh tanpa ada efek samping. Sehingga apa yang dilakukan warga Majegan merupakan kegiatan positip dalam pola hidup sehat yang perlu mendapat dukungan dari pemerintah.

Sementara camat Tulung Rohmat Sugianto mengapresiasi apa yang dilakukan warganya. Lahan subur dan pengairan serta audara yang sejuk memang memungkinkan wilayah Tulung untuk ditanami beragai tanaman obat, sayur serta bauah buahan. Kedepaan menurutnya pihaknya akan menggandeng dinas peertanian dan kesehatan agar selain mampu berproduki maksimal, secara medis warga tahu betul tentang kegunaan serta khasiat tanaman yang mereka tanam.

“ Obat herbal dengan bahan baku tanaman baik buah dan dedauan sejak jaman nenek moyang kita telah digunakan sebagai obat berbagai penyakit. Kini kita mencoba menggeliatkan kembali perekonomian warga dengan membiasakan menanam tanaman obat agar mampu menjadi kegiatan usaha yang menguntungkan”, ujarnya.(aji)
Share on Google Plus

Salam mattanews com

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...