"Klaten Diguncang Gempa" Karyawan PLN Area Klaten Selamatkan Diri.

KLATEN MATTANEWS.COM Guna meningkatkan kepekaan, kecepatan serta sikap tanggap bencana, PNL Area Klaten menggelar simulasi terjadinya gempa. Kegiatan yang dilakukana bersama kantor BPBD Klaten digelar dikomplek kantor PLN Area Klaten Jonggrangan Klaten, Jawa Tengah Selasa pagi (28/11).

Istiana supervisor K3L PLN Klaten menjelaskan kegiatan yang dilakukan dimaksud untuk menambah wawasaan serta kepekaan para karyawan jika sewaktu waktu terjadi bencana. Jika semua karyawan memiliki sikap tanggap yang cepat akan situasi darurat karena abencana, maka jatuhnya korban bisa diminimalisir sekecil mungkin.
 
Karyawan PLN saat simulasi terjadi "gempa"
“ Kita bekerjasama dengan kantor BPBD Klaten guna mengasah serta mendidik kepekaan serta sikap tanggap para karyawan PLN jika sewaktu-waktu terjadi bencana. Maka jika sewaktu waktu terjadi bencana gempa, maka minimal para karyawan sudah tahu dan tanggap apa yang harus dilakukan. Sehingga mampu menyelamatkan diri dan artinya bisa meminimalkan jatuhnya korban”, ujar Istiana disela sela pelatihan simulasi.

 Dalam simulasi digambarkan suasan kantor PLN dalam kondisi aman dengan aktivitas normal seperti biasa. Namun sekitar pukul 9.10 digambarkan terjadi gempa yang melanda wilayah Klaten. Sontak para karyawan baik yang ada diluar kantor dan didalam kantor segera melakukan penyelamatan diri. Ada yang berhamburan lari keluar ada yang berlindung dibawah meja dan ada juga yang bertugas membuka pintu darurat serta membunyikan tanda bahaya.

Kegiatan simulasi berjalan mulus dan sesuai rencana. Dari hasil yang dilakukan tampak hampir semua karyawan PLN area Klaten sudah tahu apa yang harus dilakukan jika sewaktu waktu terjadi bencana gempa. Kegiatan kebencanaan terutama gempa memang sering dilakukan oleh semua instansi serta sekolah di Klaten, menhgingat Klaten termasuk wilayah pertemuan cincin lempeng dua benua yang rawan akan bencana gempa.(aji)


Share on Google Plus

Salam mattanews com

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...