Bupati Hj Sri Mulyani Turun Kelapangan. Klaten Siaga Bencana.151 Hektar Sawah Terendam Banjir.

KLATEN MATTANEWS.COM -  Hujan yang turun dua hari berturut-turut menyisakan duka bagi warga Klaten. Ratausan hektar sawah terndama banjir serta sebuah jembatan di wilayah cawas putus diterjang banjir. Tak hanya itu luapan air akibat hujan juga menggenangi puluhan desa serta sekolahan di wilayah kecamatan Cawas dan Bayat Klaten Jawa Tengah.
 
Bupati Klaten Hj Sri Mulyani saat sidak banjir
Hujan yang turun sejak Selasa pagi membuat sungai dengkeng serta beberapa anak sungai diKlaten meluap. Akibatnya ada beberapa tanggul sungai jebol tak mampu menahan derasnya air. Di desa Karangasem serta desa Burikan Cawas sedikitnya 151 lahan sawah petani baik yang akan panen atau baru saja tanam disapu derasnya air. Akibatnya petani dikawatirkan gagal panen dengan kerugian ratusan juta.

Petani dan warga dibantu tim relawan yang ada di Klaten serta anggota tanggap BPBD Klaten langsung turun kelokasi guna melakukan penyelamatan sementara dengan cara membuat tanggul darurat dengan menggunakan pasir yang dimasukkan dalam karung. Walau tidak maksimal namun upaya ini mampu menahan sementara derasnya air dari tanggul yang cebol selebar lebih dari 15 meter.

Hujan yang turun nyaris 3 hari berturut turut memang membuat banyak wilayah di Klaten tergenang air. Selaian di Cawas genangan air juga terlihat di depan kantor Mapolek Bayat, wilayah Karangdowo, Cawas serta Trucuk. Hingga saat ini belum bisa dipastikan berapa kerugian yang ditimbulkan. Petugas BPBD saat ini tengah melakukan pendataan dilapangan dibantu tim relawan, TNI/Polri dan jajaran pemerintahan.

Kamis pagi disertai pejabat terkait Bupati Klaten Hj Sri Mulyani langsung melakukan monitoring terjung langsung kelapangan. Kepada petugas Bupati meminta agar segera melakukan penanganan yang cepat, membantu masyarakat agar masalah yang terjadi dilapangan cepat teratasi. Kepada warga dan petani Bupati meminta agar tetap sabar, dan tenang dan tak lupa selalu berdoa, agar tidak terjadi apa-apa.(aaji)



Share on Google Plus

Salam mattanews com

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...