Trah Kerto Dikromo Dan Warga Bersihkan Air Sendang Gedaren Jatinom

Warga Gedaren gotong royong bersihkan sendang
KLATEN MATTANEWS.COMNguri - uri budaya leluhur peninggalan nenek moyang tampaknya kini mulai gencar dilakukan warga Klaten Jawa Tengah, agar warisan budaya asli Jawa tidak hilang berganti budaya negara asing. Salag satunya kegiatan bersih sendang Gedaren yang dilakukan trah Kerto Dikromo dan warga Gedaren Kecamatan jatinom, Klaten Jawa Tengah.

Bersih Sendang Gedaren yang udah ada sejak turun temurun ratusan tahun lalu diawali dengan upacara doa dan sejaji yang dilakukan oleh Mustar Kuntoro selaku pewaris yang memiliki darah trah langsung dari Kerto Dikromo, yang juga bertindak sebagai juru kunci sendang.

Usai melakukan ritual doa , dan memohon pada Yang Maha Kuasa maka wargapun mulai melakaukan pembersihan kolam dengan cara “ mengublak” air sendang agar semua kotoran yang ada didasar sendang naik dan hanyut. Setelah air bersih dilanjutkan dengan acara kenduri dan makan kembul bujono bersama dikomplek umbul.

Tradisi yang telah berlangsung dan ada sejak jaman nenek moyang ini menurut Mustar Kuntoro dilakukan sebagai wujud syukur warga atas limpahan karunia dari Yang Maha Kuasa karena telah memberi berkah berupa air yang begitu melimpah dan mampu mengocori lahan sawah di tiga desa sekitar dan untuk keperluan sehari hari.  

“Ritual bersih sendang ini sudah ada sejak jaman nenek moyang dan kami selaku generasi penerus wajib melestarikan budaya dan sumber mata air yang sudah mulai langka. Dengan cara ini maka tradisi akan terus terjaga kelestariannya sementara air umbul juga tetap terjaga kebersihannya”, ujarnya(ajipamungkas)

Share on Google Plus

Salam mattanews com

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...