RSD Bagas Waras Klaten Gelar Operasi Katarak Gratis Bagi Warga Kurang Mampu.


Pasien sebelum menjalani operasi didampingi dr Hanung
KLATEN MATTANEWS.COM -  Bekerja sama dengan Balai Kesehatan Mata (BKM) Propinsi Jawa Tengah, RSD Bagas Waras Klaten Jawa Tengah menggelar kegiatan operasi katarak geratis bagi pasien kurang beruntung. Kegiatan sosial ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian RSD Bagas Waras terhadap kesehatan masyarakat menyonsong hari jadinya yang ke 2 Desember 2017 nanti.

Direktur RSD Bagas Waras Klaten dr Limawan Budi Wbowo M.Kes didampingi dr Hanung dan kepala ruang Nardoyo menjelaskan operasi katarak yang dilakukan di RSD Bagas Waras berlangsung sehari yakni Kamis (5/10) hingga selesai. Dari seleksi yang telah dilakukan di berbagai wilayah tercatat ada 24 pasien terindikasi terkena katarak yang bisa dioperasi. Namun setelah melalui pemeriksaan medis hanya 9 pasien terdiri 2 laki laki dan 7 perempuan yang layak diopresi dan sisanya bisa disembuhkan dengan menggunakan obat.

“Dari hasil pemeriksaan tim medis kami, ternyata dari data awal sebanyak 24 calon pasien yang akan menjalani operasi katarak, hanya 9 orang yang dinyatakan harus menjalani operasi katarak. Sementara 15 pasien dalam kondisi mata yang bisa disembuhkan dengan obat”, ujar Limawan.
Direktur RSD Bagas Waras Klaten dr Limawan Budi Wibowo. M,Kes
Terkait peserta operasi katarak gratis, Limawan menjelaskan, sebelum dilakukan operasi tim dibantu pihak Puskesmas melakukan pendataan pada masyrakat diseluruh wilayah Klaten khususnya mereka yang terindikasi memiliki penyakit katarak. Selain itu petugas juga menyeleksi peserta operasi, karena diutamakan bagi masyarakat yang nasibnya kurang beruntung dan tidak atau belum memiliki BPJS atau jaminan sosial lainnya. Hal ini dilakukan karena RSD Bagas Waras ingin benar-benar membantu dan berbagi pada mereka yang nasibnya kurang baik.

Kedepan lanjut Limawan kegiatan seperti ini akan terus ditingkatkan, termasuk bekerja sama dengan Puskesmas yang ada di Klaten dan Dinas kesehatan untuk memberi layanan gratis pada warga  kurang beruntung yang berada di pelosok – pelosok desa. “ kami berharap dan merencanakan kedepan kegiatan sosial pengobatan pada warga kurang beruntung lebih kita tingkatkan”, harapnya.

Sementara beberapa pasien yang menjalani opersi gratis mengaku senang dan berterima kasih atas program yang dilakukan pihak RSD Bagas Waras Klaten. Mereka mengaku sangat terbantu dengan adanya program tersebut.” Saya seneng dan berterima kasih pada agas Waras karena penyakit katarak saya yang sudah 2 tahun ini akhirnya bisa di operasi, mau operasi tidak punya beaya”, ujar Susi warga Ngalas, Klaten Selatan.(adv)


Share on Google Plus

Salam mattanews com

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...