Peringati Hari Santri Nasional LDNU Klaten Gelar Pelatihan Ruqyah.

KLATEN  MATTANEWS.COM - Sebanyak 174 peserta mengkuti pelatiahan Ruqyah dan Bekam yang di selenggarakan oleh LDNU (Lebaga Dakwah NU) Klaten, di aula Koprasi Batur Jaya, Batur, Tegalrejo, Klaten. Minggu (22/10). Kegiatan tersebut bekerja sama dengan JRA (Jam’iyyah Ruqyah Aswaja) Jombang.
 
Suasana pelatihan Ruqyah oleh LDNU Klaten
Menurut Ketua LDNU Klaten, Hamam Baihaqi kegiatan tersebut bertujuan untuk memperkenalkan tata cara pengobatan sesuai dengan sunah serta pengkadearan terapis Ruqyah dan bekam bagi warga nahdliyin. Selain itu, meluruskan pandangan masyarakat terahadap Ruqyah yang selama ini di pandang sebagai pengobatan mistis. “Usai mendapat pelatihan, peserta latih dapat menjadi terapis Ruqyah dan meluruskan pandangan tentang pengobatan ruqyah di masyarakat” Ujar Hamam Baihaqi, ketua LDNU Klaten.

Selama ini, lanjut Hamam, masyarakat telah salah kaprah memandang Ruqyah sebagai pengobatan mistis, dan hanya di lakukan untuk orang yang kesurupan. Padahal Ruqyah merupakan pengobatan untuk berbagai macam penyakit sesuai dengan sunnah.

Dalam pelatihan, Gus allama A’laudin Shidiq selaku pelatih sekaligus pendiri JRA (Jam’iyyah Ruqyah Aswaja) menegaskan, bahwa Ruqyah merupakan pengobatan untuk berbagai macam penyakit dengan doa sebagai obatnya. Ruqyah sendiri mengambil doa-doa dari alquraan sebagai sarana untuk penyembuhan.

“Ruqyah menggunakan doa-dao dari Alquran sebagai sarana untuk pengobatan, kalau orang jawa biasa menyebut dengan Suwuk” kata Gus Allama saat membekali peserta latih.
Melalui kegiatan tersebut, peserta di bekali dasar-dasar ilmu ruqyah dan juga dasar pengobatan bekam. Dengan pembekalan tersebut, peserta latih yang di nyatakan lulus dapat menerapkan langsung untuk pengobatan di lingkungannya.

Pelatiahan Ruqyah dan Bekam di mulai dari 1 siang berakhir hingga jam 11 malam. Satu hari sebelumnya, Sabtu (21/10) telah di adakan pengobatan ruqyah masal di gedung serba guna Desa Tegalrejo, Batur, Ceper.

Kegiatan ini mendapat suport penuh dari NU Klaten, dan merupakan salah satu program pelayan bagi masyarakat yang membutuhkan pengobatan. Dan menjadi satu rangkaian dalam peringatan hari santri nasional. “Kegiatan pengobatan dan pelatihan ini salah satu bentuk pelayanan NU bagi masyarakat yang mengingikan pengobatan sesuai Sunah” Kata Mujiburohman, Ketua NU Klaten.(hil)
Share on Google Plus

Salam mattanews com

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...