Pemdes Prawatan Bersinergi Dengan RS Cakra Klaten Sehatkan Rakyatnya.

KLATEN MATTANEWS.COMMenggandeng salah satu rumah akit swasta yang ada di Klaten yakni RS Cakra Husada, pemerintah desa Prawatan, Kecamatan Jogonalan, Kabupaten Klaten Jawa Tengah menggelar aksi bakti sosial dalam bentuk pengobatan gratis. Hal ini dilakukan dalam upaya menggandeng rumah sakit untuk bersinergi dalam menyehatkan masyarakat di desa.

“Kita perlu saling bersinergi dengan rumah sakit. Kita perlu berkoordinasi dengan petugas kesehatan yang ada di desa, seperti kader Posyandu, kader kesehatan desa, jumantik (juru pemantau jentik) demam berdarah (DB), dan sebagainya. Karena semuanya bertujuan untuk semakin menyehatkan masyarakat,” demikian dikatakan Warsino Kaur Umum desa Perawatan saat menunggui aksi bakti sosial yang bertempat dibalai desa setempat Minggu (1/10).
 
warga Perawatan saat mendapat perawatan dari tim  medis.
Dengan adanya baksos  Warsino berharap, kegiatan tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat. Dengan kegiatan ini warga dapat memeriksakan kesehatannya dan mendapat pengobatan secara gratis. Dalam hal ini tidak sekedar kegiatan gratis yang ditonjolkan namun membiasakan warga untuk hidup sehat dan membiasakan berobat secara medis jika terkena penyakit.

Manager Humas RSCH Klaten Sukarno menyatakan, RS Cakra memiliki program Klaten Sehat. Program ini dibagi dalam empat sub program, yaitu Kampung Sehat, Sekolah Sehat, Pasar Sehat, dan Karyawan Sehat. Baksos pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis ini merupakan sub program Kampung Sehat. Program Klaten Sehat ini telah dilakukan sejak tahun 2013,” ujarnya.

Sukarno menambahkan, mulai Mei 2014, RSCH Klaten telah bekerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Maka bagi pasien peserta BPJS Kesehatan yang ingin opname di RSCH Klaten akan dilayani dengan baik dan tidak dipungut biaya sepeser pun alias gratis apabila dirawat sesuai dengan kelasnya.

“Selain itu, kita juga menyediakan mobil ambulance gratis untuk menjemput dan mengantar pasien yang rawat inap. Jadi, pasien tinggal menghubungi kami, dan kami akan datang menjemput pasien dengan senang hati,” ucapnya.

Baksos pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis ini bersamaan dengan peresmian Klinik Kesehatan Puri Prawatan yang dikelola oleh dr VM Prasanita. Peresmian klinik kesehatan ini menambah jumlah pelayanan kesehatan yang bekerjasama dengan RSCH Klaten. Klinik kesehatan ini sepakat, apabila ada pasien yang perlu perawatan lanjutan (seperti opname), maka akan dirujuk ke RSCH Klaten. (laurent/red)

Share on Google Plus

Salam mattanews com

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...