Anggaran Keuangan Khusus Desa Bertambah Menjadi Rp 158 Milliar.

KLATEN MATTANEWS.COM - Bertempat di Gelanggang Olah Raga (GOR) Gelarsena Klaten plt Bupati Klaten Hj Sri Mulyani membuka kegiatan sosialiasi Transfer Dana Desa Sesuai Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Republik Indonesia (RI) Nomor 112/PMK.07/2017. Kegiatan yang berlangsung Selasa (31/10) diikuti 391 kepala desa, seluruh camat dan undangan lain.

Kepala Badan Pengelola Keuangan daerah (BPKD) Klaten Sunarno mengatakan, latar belakang sosialisasi adalah adanya perkembangan regulasi penyaluran trnasfer dana desa yang harus dipahami kepala desa dan pihak terkait lain. Dsiamping itu juga terkait adanya perubahan alokasi anggaran bantuan keuangan khusus kepada desa sebesar Rp. 158,9 milyar ( murni Rp. 88,536 milyar ditambah perubahan Rp. 69,44 milyar lebih) dalam perubahan anggaran tahun 2017 tersebut.
 
Plt Bupati Klaten hj Sri Mulyani saat membuka sosialisasi dana desa
Lebih lanjut Sunarno mengatakan, maksud dan tujuan sosialisaasi adalah untuk mengadakan kebersamaan pemahaman ketentuan transfer dana desa yang perlu mengambil langkah strategis dalam pelaksanaan kegiatan yang bersumber dana desa. Melalui sosialisaasi penyampaian Pagu diharapkan ada langkah percepatan bagi Camat dan kepala desa dalam pelaksanaan anggaran tersebut.

Dalam sosialisasi tersebut penyampaian langsung dilakukan Kemenku RI melalui Krisnadi Prabowo Mukti, Kasubdid Dana Desa Dijen Perimbangan Keuangan serta Aris Suwanto Kasi Bank Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) wilayah Klaten.

Sementara plt Bupati Klaten Hajah Sri Mulyani dalam sambutannya mengatakan, Sosialisasi Transfer Dana Desa Sesuai Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Republik Indonesia (RI) Nomor 112/PMK.07/2017 ini bagian dari pelaksanaan kegiatan yang bersumber dari dana desa. Sehingga  bersinergi dengan ketersediaan dana desa agar dapat segera dimanfaatkan bagi masyarakat. ‘’ Pengelolaan Dana Desa di Klaten diharapkan dapat dilaksanakan secara tertib, lancar, tepat waktu serta dapat dipertanggungjawabkan dengan baik ‘’ ujarnya.

Dikatakan lebih lanjut alokasi dana desa, tahun 2017 jumlahnya mencapai 311 milyar lebih yang dialokasikan kepada 391 desa. Mengingat anggaran yang cukup besar, untuk mewujudkan efisisensi dan efektifitas anggaran diperlukan kebersamaaan pemahaman tahapan pelaksaan dan pentransferan sesuai ketentuan berlaku.(adv)
Share on Google Plus

Salam mattanews com

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...