11.690 Pencari Kerja Ada Di Klaten. Bursa Tenaga Tawarkan 16 Ribu Lowongan.

KLATEN MATTANEWS.COM -  Pemerintah kabupaten Klaten menyelenggarakan Bursa Tenaga Kerja ( Job Market Fair ) tahun 2017 selama dua (18,19 /10/2017) hari di gedung Sunan Pandanaran (RAPD) Klaten Jawa Tengah. Kegiatan melalui Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja setempat dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Jaka sawaldi mewakili Plt Bupati Klaten hj Sri Mulyani. Dengan kegiatan ini diharapkan mampu menempatkan sebanyak 750 tenaga kerja dari jumlah pencari kerja di Klaten yang mencapai angka 11.690 orang. 
 
Sekda Klaten Joko Sawaldi saat kunjungi salah satau stand
Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Klaten Surti Hartini, ditemui ditengah acara berlangsung mengemukakan, Klaten dengan jumlah penduduk lebih dari 1,1 juta jiwa memiliki perusahaan terdaftar sebanyak 830 unit. Angka tersebut meliputi perusahaan besar 68 unit, perushaan menengah sebanyak 391 unit dan perusahaan kecil; sebanyak 371 unit. ‘’ Sejumlah perusahaan tersebut total menyerap tenaga kerja sebanyak 92.853 tenaga, bekerja di perusahaan besar 27.696 orang menengah 11.157 orang, perusahaan kecil dan UMKM sekitar 54.000 orang’’ ujarnya.

Lebih lanjut Surti mengemukakan, hingga September 2017 jumlah pencari kerja tercatat dalam Informasi Pasar Kerja (IPK) Online sebanyak 11.690 orang, dengan penempatan kerja sebanyak 1.616 orang. Hal ini menjadikan permasalahan tersendiri bagi Pemkab Klaten, sehingga perlu mengadakan Bursa Tenaga Kerja yang diharapkan mampu mengurangi jumlah pencari kerja.

Hubungannya dengan kegiatan Bursa Tenaga Kerja Tahun ini, Surti mengatakan, ddikuti oleh 50 perusahaan dengan jumlah lowongan kerja sebanyak 14.434 orang. Permasalahan yang muncul, lowongan kerja terbesar oleh perusahaan Garmen dengan pembayaran gajih sesuai umah minimum kabupaten sebesar Rp. 1,5 juta lebih namun kurang banyak diminati penacri kerja.

Sementara Sekda Haji Jaka Sawaldi kepada wartawan mengatakan, Bursa Tenaga Kerja dilakukan dengan tujuan untuk mempertemukan pengguna kerja dan pencari kerja untuk pemenuhan kebutuhan tenaga kerja. Dengan demikian diharapkan, pemerintah kabupaten Klaten dapat memfasilitasi pemenuhan kebutuhan dan penyaluran tenaga kerja yang  jumlahnya relatif cukup banyak .

Lebih lanjut Sekda mengatakan, kegiatan yang digelar selama dua hari ini diharapkan dikunjungi minimal oleh 2500 pengunjung. karena pengalaman tahun lalu jumlahnya mencapai hampir 5000 orang.  Sedang lowongan kerja yang ditawarkan oleh 50 perusahaan yang bergerak pada program antara kerja antara daerah, anprogram kerja antara negara lowongan yang ditawarkan mencapai 16 tenaga lebih.(mas/red)

Share on Google Plus

Salam mattanews com

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...