Seribu Warga Pesu Wedi Ikuti Mancing Mania Di Parit Sepanjang 0,5 KM.

KLATEN MATTANEWS.COM Demam mancing tampaknya sudah sangat merakyat dan membumi bagi warga di Klaten. Dimana-mana setiap ada event nasional tahunan, baik peringatan tahun baru, peringatan HUT RI hingga lebaran event lomba mancing mania selalu digelar warga secara massa. Dan ini tentunya menjadi PR bagi pejabat di Klaten untuk mewadahi aktivitas positip warga ini dengan membangun tempat tempat hiburan atau ruang publik yang sekaligus bisa dijadikan ajang untuk kegiatan mancing mania.
 
Warga desa Pesu Wedi Klaten mancing mania bersama
Tak mau ketinggalan dengan warga lain yang sudah menggelar event mancing mania terlebih dahulu, Sabtu sore (9/9) Lebih dari 1.000 warga Desa Pesu, Kecamatan Wedi, Kabupaten Klaten dan sekitarnya tumplek blek mengikuti acara mancing bersama di sepanjang sungai di utara Balai Desa Pesu.

Saluran untuk irigasi petani sepanjang kurang lebih 0,5 km dengan lebar 1,5 meter dan kedalaman 50 cm itu “disulap” menjadi taman rekreasi untuk refreshing warga. Sekitar 2 kwintal ikan lele konsumsi diceburkan kedalam parit yang dibendung tersebut untuk dipancing berramai-ramai.

Kepala Desa Pesu Budi Hartono menyampaikan, mancing bersama ini adalah ide spontan dari warga. “Belakangan ini, Pemerintah Desa, panitia, dan warga Desa Pesu disibukkan dengan berbagai kegiatan untuk memperingati HUT ke-72 Kemerdekaan RI dan pembinaan PKK tingkat Kabupaten. Karena PKK Desa Pesu ditunjuk untuk mewakili Kecamatan Wedi. Sebagai hadiah dan hiburan kerja keras warga, maka warga sepakat membuat hiburan mancing bersama.

  Karena ini ide dan kegiatan yang bersifat spontan dan dari warga untuk warga, maka jumlah ikan yang kita tebarkan juga tidak banyak hanya sekitar 2 kwintal dan itupn kita menggunakan dana pribadi tanpa harus mengambil dana kas desa”, ujarnya.

Mancing bersama di Pesu cukup mendapat antusias warga setemepat. Hampir seua warga tumplek blek datang dan ikut mancing, tua muda, lelaki perempuan dan anak-anak dengan alat seadanya ikut mancing untuk mendapatkan ikan. “ Saya menyambut baik dan berharap kegiatan ini bisa menjadi kalender rutin desa Pesu demi menjaga kelestarian dan habitat eko sistim sungai di Klaten”, ujar Ade Susanto salah satu warga setempat.( laurent)

Share on Google Plus

Salam mattanews com

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...