Alat Wales (Setum) Di PU Klaten Memprihatinkan Kondisi Rusak. 90 Persen Buatan tahun 1970an.



Besi tua buatan tahun 1969 tengah direnovasi
KLATEN MATTANEWS.COM – 20 unit alat penggilas aspal atau wales (setum) di Dinas PU Kabupaten Klaten ternyata semuanya dalam kondisi memperihatinkan. Dari jumlah tersebut hanya 16 unit yang “laik” jalan   laainnya rusak. Sebelumnya hanya 10 unit wales yang bisa berfungsi.

Plh Kabid Bina Marga PU Klaten Suryanto ST, mengatakan 20 unit wales yang ada saat ini rata rata buatan tahun 1970an. Bahkan ada beberapa unit buatan tahun 1968, dengan kondisi ini, PU Klaten memang seharusnya sudah saatnya melakukan peremajaan alat berat wales, guna menunjang kelancaran pembangunan jalan di Klaten.

Menurut Suryanto dua tahun lalu jumlah mesin wales yang bisa beroprasi hanya 10 unit, sehinga sangat menganggu proses perbaikan jalan di Klaten. Namun dalam 2 tahun terakhir pihaknya mampu melakukan perbaikan sendiri, sehingga 6 unit wales yang semula bertahun tahun dongkrok di warkshop PU bisa berfungsi kembali. Sementara saat ini 2 mesin wales keluaran tahun 1969 tengah dalam proses perbaikan.

“ Selama ini kita baru mampu melakukan perbaikan dan kanibalisasi agar mesin wales dapat berfungsi kembali. Keterbatasan anggaran membuat kami harus memutar otak berusaha menghidupkan “rongsokan” setum agar bisa jalan. Dana alhamdulillah kita sudah mampu memperbaiki 6 unit wales, yang semula hanya dongrok di gudang workshop PU. Mungkin kalau di daerah lain itu sudah jadi besi tua yang dijual kiloan mas ”, ujarnya.
Suryanto.ST plt Kabid Bina Marga PU Klaten
Jika membeli satu unit setum untuk ukuran sedang saat ini harganya mencapai Rp 800.000.000 hingga Rp 1 milliar. Sementara untuk memperbaiki satu unit setum agar bisa hidup dan berfungsi lagi dibutuhkan dana sekitar Rp 400 juta.

Namun dengan panjang jalan yanag ada di Klaten serta komitmen Bupati Klaten untuk memuluskan jalan Klaten dalam upaya menggerakkan ekonomi di pedesaan guna menuju Klaten yang maju mandiri dan berdaya saing, tak ada jeleknya kedepan Pemda Klaten berani mengalokasikan dana guna peremajaan alat berat wales yang sebenarnya sudah tak layak jalan.(mt1/red)


Share on Google Plus

Salam mattanews com

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...