Klaten Anggarkan Rp 3,9 Milliar Guna Wujudkan Klaten Kota Sejuta Bunga.

KLATEN MATTANEWS.COMUntuk mewujudkan Klaten kota sejuta bunga, Pemkab Klaten menganggarkan dana sekitar Rp 3,9 milliar guna program tamanisasi dan penanaman bunga di setiap desa dan seluruh jajaran instansi di Kabupaten Klaten Jawa Tengah. Dengan program yang telah diangarkan tahun 2018 nanti diharapkan kota Klaten kedepan semakin cantik dan asri.

“Sesuai intruksi dan arahan ibu plt Bupati Klaten Hj Sri Mulyani dalam mewujudkan Klaten kota sejuta bunga, maka kami tim dari Bapeda telah merencanakan, menghitung sekaligus menganggarkan dana sekitar Rp 3,9 milliar guna mendukung program tersebut. Dan program itu akan kami mulai tahun 2018 nanti”, demikian ditegaskan Kepala Bapeda Klaten Bambang Sigit Sinugroho saat ditemui diruang kerjanya Selasa (12/9).
 
Bambang Sigit Sinugroho Kepala Bapeda Klaten
Menurut Bambang dalam program tamanisasi setiap RW akan ada satu RT yang ditunjuk untuk dijadikan lokasi tamanisasi dengan anggaran sebesar Rp 20 juta/RT. Untuk tahap pertama nantinya ada sekitar 113 RT dengan total anggaran sebesar Rp 2,2 milliar.

Selain itu Bapeda juga menganggarkan dana sebesar Rp 1,7 milliar untuk tamanisasi bunga Flamboyan di 52 desa di wilayah kecamatan Klaten Utara, Klaten Selatan dan Klaten tengah. Tiap desa akan mendapat kucuran dana sebesar Rp 40 juta, dengan rincian satu desa harus menanam 400 pohon dengan ketinggian minimal 5 meter.

Bunga flamboyan tersebut nantinya ditanam di jalan-jalan poros desa, atau jalan menuju jalan Kabupaten atau jalan Propinsi. Sedang untuk kecamatan lain, untuk sementara satu kecamatan hanya ditunjuk satu desa.

Sedang untuk instansi pemerintahan mulai dari tingkat desa/kelurahan, puskesmas,  hingga dinas terkait, dana program tamanisasi diambilkan melalui anggaran satuan kerja masing masing. Sedang jenis bunga yang ditanam diutamakan jenis bunga Refujia. Dimana bunga ini juga bisa digunakan untuk mengusir hama tanaman seperti wereng dan sejenisnya.(mt1/red)
Share on Google Plus

Salam mattanews com

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...