Di Tengah Maraknya Penyembelihan, Masih Banyak Hewan Korban Yang Terinfeksi Cacing Hati.

KLATEN MATTANEWS.COMHari Jum’at (1/2) usai sholat Ied Idul Adha dan hari ini masyarakat, khususnya kaum muslimin di Klaten Jawa Tengah semuanya melakukan penyembelihan hewan koran, baik sapi, kerbau atau kambing. Namun sayang ditengah anyaknya hewan korban yang disembelih, petugas masih menemukan hewan yang terjangkit penyakit cacing di hati.
 
Cacing hati yang ditemukan di hewan korban
Petugas pengawas dan pemeriksa hewan koran Klaten dari dinas Pertanaian dan peternakan Klaten yang melakukan monitoring hampir disemua daerah menemukan sapi yang terinfeksi cacing hati.Petugas langsung mengambil semua hati yang disembelih warga desa Wangen, Kecamatan Polanharjo tersebut untuk dimusnahkan.

Agus Wahyudiasto petugas pemeriksaan kesehatan hewan koran menjelaskan dari 4 lokasi yang dilakukan sidak serta pengawasan ada 3 daerah yang hewannya terinfeksi cacing hati. Kepada warga dirinya meminta agar cacing yang terinfeksi cacing harus dibuang dan dimusnahkan, karena berbahaya bagi manusia.

“Memang tidak semua hasil sidak menemukan adanya hewan yang terinfeksi cacing hati. Namun demikian dari 4 lokasi ada 3 tempat yang hewannya positip terjangkit penyakit cacing, dan kami sudah menghimbau dan intruksikan agar hati tersebut harus dimusnahkan atau dibuang jangan dikonsumsi karena berhaya bagi manusia”, ujarnya.

Selain adanya sapi yang terinfeksi cacing, menurut Agus dieberapa tempat masih banyak ditemui hewan koran yang belum berusia atau yang masih bergigi susu, sudah disembelih. Disini dapat disimpulkan kesadaran dan pemahaman warga akan kesehatan dan kelayakan memotong hewan koran yang baik dan sehat masih kurang.(ajipamungkas)

Share on Google Plus

Salam mattanews com

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...