Warga Mengeluh Rawan Kecelakaan, Pengerjaan Pelebaran Jalan Ir, Soekarno lamban.

Lebih dari seminggu dibiarkan mangkrak rawan kecelakaan
KLATEN MATTANEWS.COMWarga kelurahan Buntalan Klaten Tengah, Klaten Jawa Tengah dan sekitarnya serta para pengguna jalan, mengeluh karena perbaikan pelebaran jalan disepanjang jalan Ir. Soekarno sangat lamban dan tidak dilengkap dengan peralatan keamanan yang memadai. Galian pelebaran jalan selebar kurang lebih semeter dengan kedalaman sekitar 15 centimeter yang memanjang sepanjang jalan sangat rawan menimbulkan kecelakaan apalagi tanpa diberi pengaman yang memadai.

Proyek pelebaran jalan Ir.Soekarno yang dikerjakan PT. Cipta Nugraha Santosa senilai Rp 1,6 milliar ini dimulai sejak 6 Juli hingga 2 Nopember 2017. Namun sayang sejak dikerjakan beberapa minggu lalu, kini pengerjaan tampak tersendat-sendat. Nyaris tidak ada aktivitas kegiatan sepanjang hari. Sejak pagi hingga sore hari ketika MATTANEWS ingin konfirmasi pada pihak pelaksana tidak pernah ketemu. Sementara hampir sepanjang jalan sudah terlanjur digali.

Dari pantauan dilapangan pihak pelaksana hanya melakukan pengecoran satu truk mixer dalam sehari atau sepanjang kurang lebih 25 meter. Lambannya pengerjaan ini membuat para pengguna jalan menjadi was-was karena rawan kecelakaan terutama dimalam hari karena tidak ada penerangan jalan sama sekali. Selain sempit sepanjang jalan Ir.Soekarno lalu lintasnya sangat padat, apalagi di saat jam –jam sibuk seperti pagi dan sore hari, ditambah sering diliwati bus luar kota ukuran besar menuju ke makam Sunan Pandanaran Bayat.

“ Disepanjang jalan ini sangat rawan kecelakaan mas, ditambah pada dimalam hari yang tidak ada penerangan sama sekali. Galian selebar satu meter yang ada disepanjang jalan ditambah jalan yang sempit membuat para pengguna jalan was-was dan takut lewat jalan ini, apalagi jika berpapasan dengan kendaraan besar seperti truk atau bus”, ujar Pamungkas salah satu warga desa Ngalas Klaten Selatan, yang diamini oleh beberapa warga lain.   
papan pemberitahuan pelaksaan proyek

Pihak pelaksana dari kontraktor penggarap saat akan ditemui sangt sulit, karena jarang ada di lokasi proyek. Sementara plh Kepala Bidang Bina Marga Suryanto ST membenarkan adanya kelambanan proyek pelebaran jalan di jalan Ir. Soekarno yang dikerjakan PT Cipta Nugraha Santosa.

Menurut Suryanto pihaknya juga banyak mendapat laporan dari warga yang mengeluhkan lambanya pengerjaan jalan tersebut karena sangat rawan kecelakaan. Selain jalan yang sempit dan lalu lintas padat, pihak kontraktor tidak memasang tanda pengaman yang memadai. Untuk itu pihaknya akan segera memangil semua rekanan yang pekerjaanya lamban secepatnya.

“ Dalam minggu ini secepatnya saya akan panggil semua rekanan yang lamban. Selain memberi arahan dan peringatan, kami akan meminta mereka segera cepat mengerjakan pekerjaanya, terutama di tempat-tempat yang rawan menimbulkan kecelakaan”, ujarnya (farought/neo)
Share on Google Plus

Salam mattanews com

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...