Pesu Gelar Upacara Kemerdekaan Dengan Musik Orkestra

Upacara bendera di lapangan desa Pesu Wedi Klaten
KLATEN MATTANEWS.COM -  Sekitar 300 orang mengikuti upacara bendera peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-72 Republik Indonesia (RI) tingkat Desa Pesu, Kecamatan Wedi, Kabupaten Klaten digelar di lapangan desa setempat, Kamis pagi (17/8). Bertindak sebagai Inspektur upcara Kepala Desa Pesu Budi Hartono.

Sekitar 300 orang yang mengikuti upaacara bendera terdiri dari 100 murid dan guru SD Negeri Pesu, serta 200 orang dari unsur Ketua RT, RW, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Perangkat Desa, Perlindungan Masyarakat (Linmas), pensiunan, veteran, tokoh masyarakat dan tokoh agama di Desa Pesu.

Dalam sambutan, Kepala Desa Pesu Budi Hartono mengajak warga Desa Pesu untuk menciptakan desa yang maju, berkarakter, bertanggung jawab, dan berprestasi. “Kemerdekaan itu sungguh bernilai. Maka kemerdekaan ini harus diisi dengan prestasi. Kita juga perlu terus merawat kebersamaan demi majunya Desa Pesu, dan keutuhan bangsa Indonesia,” katanya.  

Upacara bendera di Desa Pesu ini berlangsung menarik. Semua lagu yang dinyanyikan pada upacara bendera ini diiringi musik Nuswantoro Orkestra dari Karang Taruna Desa Pesu secara langsung atau live. Orkestra ini dimainkan oleh 10 pemain yang memainkan alat musik biola, violin, cello, dan organ.
Sedang  paduan suara dibawakan oleh 30 orang ibu dari Kader Posyandu dan PKK Desa Pesu. Mereka menyanyikan beberapa lagu nasional seperti Hari Merdeka, Gugur Bunga, Bagimu Negeri, Rayuan Pulau Kelapa, dan Maju Tak Gentar.

Usai upacara bendera, Pemerintah Desa Pesu memberikan kenangan kepada para murid SDN Pesu yang mendapat juara 1, 2, dan 3 dari Kelas 1 sampai Kelas 6. Selanjutnya, peserta upacara beramah tamah sambil makan bersama nasi soto dengan lauk tahu, tempe, dan karak.

Sekadar informasi, “tradisi” upacara bendera peringatan HUT Kemerdekaan RI tingkat Desa Pesu ini sudah berlangsung lebih dari 15 tahun lalu. Upacara bendera peringatan HUT Kemerdekaan RI tingkat Desa Pesu pertama kali dilakukan saat Kades Pesu dijabat Hardiyo. (laurent)


Share on Google Plus

Salam mattanews com

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...