Lebaran Ikan Di Kolam Gemblegkan. Ribuan Orang Rebutan 1 Ton Ikan.

Lebaran ikan di kolam Gemblegkan Klaten
KLATEN MATTANEWS.COM - Ribuan orang sontak terjun ke kolam ikan seluas satu hektar ketika mendengar sirene yang di bunyikan oleh Plt. Bupati klaten, Hj. Sri Mulyani. Di desa Gemblekan, Kalikotes, Klaten. Dengan berbagai peralatan yang sudah di bawa, warga mulai beransek ketengah danau buatan berusaha menangkap ikan yang telah di tebar oleh panitia penyelenggara. Ikan di sediakan geratis dalam rangka pesta rakyat “Lebaran Ikan” sebuah acara tradisi  tahunan di desa Gemblekan Kalikotes, Klaten. Minggu,(27/8).

Acara yang di gelar setiap bulan Agustus kali ini merupakan kegiatan puncak dari berbagai acara yang telah di selenggarakan oleh pihak pemerintah desa dan warga Gemblekan dalam rangka memperinggati HUT ke- 72 Republik Indonesia. Acara tersebut bukan hanya di peruntukan bagi warga Gemblegan, namun bebas di ikuti oleh semua masyarakat umum.

Pesta rakyat desa Gemblegan yang ke empat kalinya ini cukup menarik masyarakat luas, di wilayah Kabupaten Klaten. Bahkan banyak peserta lebaran ikan datang dari luar Kecamatan Kalikotes.

Seperti Aziz bersama dua orang ini, yang datang datang dari daerah Troso, Karanganom. Untuk ikut serta dalam acara memed ikan yang hanya di laksanakan di desa Gemblegan. Selain mencari ikan geratis, Azis bersama dua rekannya juga berharap mendapat ikan maskot sehingga mendapat hadiah yang telah di sediakan oleh penitia penyelenggara.

Berbekal tiga jala buatan sendiri, mereka bertiga ikut turun berebut ikan yang ada bersama warga lainnya.Tak sia-sia, usah mereka membuahkan hasil, walau bukan ikan maskot yang ada hadiahnya,  namun mereka mengaku  cukup puas  dengan satu ikan berbobot sekitar 4 kilo dan beberapa ikan kecil lainnya. Dan akan datng lagi tahun depan.

“ini dapat satu ikan besar, kira-kira 4 sampai 5 Kg dan beberapa ikan kecil – kecil, rencannya akan kami masak bersama teman-teman di kampung, dan kami cukup puas dengan acar ini walaupun tidak dapat ikan yang ada hadiahnya” Ujar Azis sembari menunggui dua temannya membersikan tubuh di sumur warga dekat kolam.

Lebaran ikan sendiri sudah berjalan empat kali, di mulai sejak tahun 2014, dan menjadi agenda rutin yang di laksanakan tiap tahun oleh pihak pemerintah desa Gemblekan.
 
Plt Bupati Klaten Hj Sri Mulyani ikut berdeakan diantara warga
Menurut Plt. Bupati Klaten, Sri Mulyani, dirinya mengapresiasi kegitan yang di selenggarakan oleh panitia pesta rakyat terutama perangkat pemeritah desa Gemblegan. Di harapkan adanya kegiatan tersebut kedepan menjadi aset pariwisata kabupaten klaten dan menambah perekonomian masyarakat desa Gemblegan.

“kegiatan ini di harapkan terus berlanjut menjadi asetnya pariwisata Kabupaten Klaten dan juga menumbuhkan perekonomian masyarakat desa Gemblegan, serta meningkatkan kegemaran makan ikan bagi masyarakat kabupaten Klaten.” Ujar Sri Mulyani, Plt. Bupati Klaten.

Momentum lebaran ikan, kini sudah menjadi agenda rutin yang di tunggu-tunggu oleh masyarakat Klaten. selain beberapa event tradisi yang sudah ada di kabupaten Klaten. kemiriahan lebaran ikan kali ini tak kalah ramai dengan acara tradisi yang sudah di kenal oleh masyarakat yang sudah berjalan puluhan tahun.(mt2)


Share on Google Plus

Salam mattanews com

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...