Kirab Gunungan Tembakau Dan Hasil Bumi Tandai Melimpahnya Panen Tembakau Di Solodiran.

KLATEN MATTANEWS.COMJelang musim tanama tembakau, sekitar 1500 petanai tembakau di desa Solodiran, kecamatan Manirenggo Klaten Jawa Tengah menggelar acara kirab teembakau dan hasil bumi. Kirab dilakukan karena hasil panen yang melimpah dan gagalnya panen pada tahun lalu. Sekitar 17 gunungan diarak warga petani mengelilingi desa sebelum menjadi rebutan warga dan penonton yang hadir. Sebelum dibawa ke monumen tembakau Solodiran.
 
Tembakau Solodiran dikenal memiliki kuwalitas baik
Menempuh jarak sekitar 4 kilo meter peserta kirab yang terdiri dari petani, buruh potong, petani penggarap, pemilik uaha serta warga umum tampak antusias menggotong gunungan hasil bumi dan tembakau. Mulai dari ketela, jeruk, nanas, pisang, polowijo, kelapa dan aneka hasil bumi lain mereka arak, sebagai tanda syukur akan melimpahnya panen tahun ini. Acara semakin meriah karena tampil pula berbagai kesnian seperti reog, jaranan serta jatilan dan kesenian lain yang ikut menyemarakkan acara.

Kepala Desa Solodiran Ariyanta Sigit Suwanta mengapresiasi kegiatan dan semangat warga dalam mewujudkan rasa sykur dengan menggelar kirab gunungan hasil bumi. Karena selain mempu menghibur warga, acara tersebut sekaligus nguri-uri budaya Jawa yang selalu bersyukur atas nikmat dan karunia ALLAH.

“Saya bangga dan mengapresiasi atas semua yang dilakukan warga. Mereka tak pernah menyerah dalam bertani walau kadang gagal dan harus merugi karena tidak panen. Emoga dengan kirab ini akan semakin memberi semangat dan motivasi petani untuk mencapai roduksi tembakau yang lebih baik lagi baik kualitas dan kuantitas”, ujarnya.

Sementara Jumari salah satu petani mengatakan pada tahun lalu petani tembakau di Solodiran merugi jutaan rupiah karena gagal panen. Kegagalan dikarenaakan musim yang tidak menentu sehingga banyak tanaman tembakau yang mati.

“ Dulu karena musim yang tak menentu banyak petani tembakau d desa ini gagal panen. Kami semua a berharap semoaga musim dan cuaca tahun ini baik, sehingga petani teembakau yang memiliki luas lahan sekitar 600 hektar bisa panen dengan baik dengan kualitas dan kwantitas yang lebih baik lagi”, ujarnya.(ajipamungkas)
Share on Google Plus

Salam mattanews com

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...