Dekati Idul Adha Petugas Kesehatan Semakin Intensif Waspadai Hewan Qurban.



Petugas saat periksa hewan qurban
KLATEN MATATANEWS.COMSemakin dekat perayaan Qorban di hari raya Idul Adha, petugas kesehatan Dinas Pertanian dan peternakan Klaten Jawa Tengah semakin giat melakukan pemantauan kesehatan hewan ke berbagai pasar hewan dan wilayah perdagangan hewan. Mereka tak ingin hewan qorban yang akan disembelih nanti mengindap penyakit menular yang bisa membahayakan manusia.

Dari pasar hewan kepasar hewan lainnya beberapa petugas yang dikomandani dokter hewan dan para mantri peternakan petugas dengan teliti memeriksa hewan yang akan mereka jual atau beli. Salah satunya saat petugas melakukan pemantauan hewan sapi dan kambing dipasar hewan Plembon, Klaten Utara.

Untuk sementara tidak ditemukan adanya hewan qorban yang diduga mengindap penyakit membahayakan. Hanya ditemui beberapa hewan lecet karena berdesak-desakan atau terjatuh saat diangkut dari rumah ke pasar.

Pemeriksaan meliputi kondisi badan hewan, ronggo mulut, mata, kuku serta berat hewan. Karena untuk menjaga kesehatan dan menghasilkan daging yang baik dan sehat hewan qurban harus gemuk dan sudah cukup umur, minimal 1,5 tahun. “Hingga saat ini belum ditemukan adanya hewan yang terjangkit penyakit. Dan kami berharap hingga pelaksanaan nanti semua hewan qurban yag disembelih dalam keadaan sehat”, ujar salah satu petugas.(ajipaungkas)
Share on Google Plus

Salam mattanews com

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...