66 Tahun ESPERO Mewarnai Dunia Pendidikan Di Klaten, Telah Banyak Cetak Orang-Orang Penting.

Acara 66 tahun Espero Klaten megah dan elegant
KLATEN MATTANEWS.COM – Luar biasa. Itulah kata yang layak kita lontarkan saat mengikuti peringatan 66 tahun usia ESPERO ( SMP Negeri II ) Klaten yang pada tanggal 25 Agustus 1951 – 25  Juli 2017 genap berusia 66 tahun. Sebuah perjalan panjang seebuah lembaga pendidikan yang kini boleh dibilang menjadi salah satunya Best Of The Best SMP negeri yang ada di kota Klaten Jawa Tengah.

Walau tidak diperingati secara meriah dan glamour namun rangkaian kegiatan yang dikemas dengan berbagai event kegiatan dan dipuncaki pada acara pagelaran seni budaya di halaman sekolah yang baru Senin (21/8) mampu mengundang decak kagum para tamu undangan, para guru dan siswa sendiri. Karena semua kegiatan mulai dari pra persiapan hinga puncak acara, dilakukan oleh siswa sendiri dengan membentuk kepanitiaan dibawah naungan OSIS.

“Dalam kegiatan perayaan hari ulang tahun sekolah, mulai dari kegiatan awal hingga puncak acara, semua dilakukan oleh siswa. Tidak ada guru yang terlibat, selain hanya ebatas membimbing. Mulai dari kreografi, tata panggung, urutan acara, donasim dokumentasi serta pembiayaana semua atas kreativitas anak. Disini guru hanya membimbing dan mengawasi saja”, demikian dikatakan Kepala Sekolah SMP Negeri II Klaten Dra Woro Subaningsih Msi didampingi wakil kepala sekolah bidang Kesiswaan Titik Maryani Spd.
 
Kepala Sekolah SMP Negeri II Klaten Dra Woro Subaningsih MSi dan wakil
Menurut Kepala Sekolah, anak anak di SMP II Klaten sejak dini memang telah didik untuk berinovasi dan mandiri. Sehingga semua kegiatan yang dilakukan harus mampu menciptakan kreativitas anak. Sehingga anak selalu ingin berinovasi dan memiliki tanggung jawab tinggi. Namun demikian pendidikan tetap menjadi skala prioritas utama, agar anak memiliki kepintaran, kecakapan serta budi perkerti dan tanggung jawab tinggi.

66 tahun ESPERO yang mengambil tema JALMO YUDHO GAPURANING PROJO dan dipentaskan dalam sebuah pertunjukan tari klosal banyak di isi oleh berbagai kegiatan sosial, olah raga dan pendidikan. Namun semua kegiatan yang dilakukan berorientasi kegiatan yang bisa dibawa ke ajang tingkat Nasional, seperti  misalnya olah vocal, baca puisi, bercerita dengan tiga bahasa yakni Jawa, Indonesia dan Inggris.
 
Tumpeng nasi kuning hasil kreasi siswa
Sementara kegiatan lain seperti membuat dan menghias tumpeng, menghias ruangan dengan berbagai asesoris hasil kreativitas siswa, daur ulang sampah, olah raga, seni serta kegiatan sosial lainnya.

Dengan jumlah murid 862 anak didik, dari tahun ketahun ESPERO Klaten selalu menempati rangking pertama dalam hal pendidikan di Klaten. Maka tak heran jika sekolah ini menjadi sekolah favorite di Klaten. Sejak berdiri tahun 1951 sudah banyak prestasi diraih sekolah ini baik dari kualitas pendidikan seperti lomba sains atau olimpiade fisika dan matematika tingkat nasional dan internasional, hingga prestasi extra kulikuler seperti, paduan suara, marching Band, olah raga, baik tingkat daerah hingga Nasional. Maka tak heran jika setiap tahun sekolah ini mampu meluluskan 100 peren siswan ya dan 99 persen diterima di SMA/SMK favorite.
 
SMP negeri II (ESPERO) dari masa kemasa
Dengan sederet prestasi yang luar biasa maka tak heran jika lulusan SMP yang dulu pernah menemepati gedung lama di kampung Pondok, Klaten ini telah banyak melahirkan orang-orang penting di negeri ini. “ Saya kurang hafal siapa saja alumnus sekolah ini yang kini sukses dan menjadi orang penting di negeri ini. Yang jelas banyak mas”, ujar Woro Subaningsih.(farought/neo)       
Share on Google Plus

Salam mattanews com

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...