273.973 Anak Di Klaten Siap Menerima Imunisasi Measleas Rubela (MR).

Plt Kepala dinas Kesehatan Klaten dr Cahyono
KLATEN MATTANEWS.COM - Sebanyak 273.973 anak usia sembilan bulan hingga 15 tahun menjadi terget Sasaran kampanye Imunisasi MEASLEAS RUBELA ( MR) / Campak dan Rubela Klaten tahun 2017. Imunisasi dijadwalkan berlangsung selama dua bulan (Agustus-September) di semua Puskesmas, Sekolah dan Posyandu tersebut melibatkan 544 Vaksinatur (petugas imunisasi) dan 98 Medis (Supervisor) .

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Klaten, dokter Cahyana Widada mengemukakan hal itu saat berlangung acara pencanangan Kampanye Imunisasi MEASLEAS RUBELA ( MR) / Campak dan Rubela Klaten tahun 2017orang, di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Klaten, Senin kemarin (01/08) disaksikan Kepala Dinkes Prop Jateng, Perwakilan Unichef Jateng

Cahyono mengetakan, Sasaran Kampanye MR di Klaten terdiri darai anak usia sampai dengan 9 bulan sebanyak 66.558 anak, sasaran usia PAUD dan Taman Kanak-Kanak 41.123 anak, usia sekolah 7 hingga 15 tahun sebanyak 165.856 anak dan anak usi9a 7 hingga 15 tahun (tidak sekolah) sebanyak 436 anak. Pelaksanaannya dilakukan di 34 Puskesmas, 2.450 sekolah dan 2.108 Posyandu yang tersebar di Klaten. ‘’ Fase pertama akan dilaksanakan bulan Agustus di semua PAUD, TK, SD/MI dan SMP/MTs sederajat, dan fase II untuk anak di luar sekolah usia 9 bulan hingga 15 tahun di Pos Pelayanan Imunisasi seperti Posyandu, olindes, Puskesmas pembantu, Rumah Sakit dan tempat lain’’ ujarnya.

Dijelaskan lebih lanjut  jumlah kasus Campak dan Rubella positif di Klaten selama Janusia Juli 2017 kasus Campak sebanyak 9 kejadian, Rubella sebanyak 7 kasus adri jumlah sample sebanyak 48. Angka tersebut menurut dari tahun sebelumnya yang tahun 2015 kasus campak 3 kasus rubella 83 kasus dari 139 sample dan tahun 2016 menjadi campak 14 kasus Rubella 26 kasus dari 82 sample. ‘’ Kasus yang ditemui  di Klaten bersifat ringan atau tidak membahayakan penderita ‘’ jelasnya  .

Sementara Plt Bupati Klaten hajah sri Mulyani dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekda Haji Jaka Sawaldi mengatakan,program imunisasi meruapakan salah satu prioritas dalam pemabngunan kesehatan, karena dapat mencegah dan meminimalisir angka sakit, kematian dan kecacatan yangg disebabkan oleh penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi. ‘’ Imunisasi sebagai salah satu bentuk komitmen Pemerintah untuk mencapai Millennium Development Goals (MDGs) khususnya untuk menurunkan angka kematian anak ‘’ tandasnya.(dehan/masaan)
Share on Google Plus

Salam mattanews com

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...