1600 Pelajar Ikuti Lomba Lukis Payung Peringati 213 Klaten.

KLATEN MATTANEWS.COM - Sekitar 1600 siswa sekolah dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) Sederajat  di Klaten mengikuti Lomba Lukis Payung  tahun 2017. Kegiatan dibuka Asistern Administrasi Setda Haji Sri Winoto disaksikan pimpinan Organisasi Perangkat daerah (OPD)  itu, diselenggarakan dalam rangka perinmgatan Hari Jadi Klaten ke 213 ( 28 Juli 2017 ) dan Hari Ulang tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke 72 dilaksanakan di halaman gedung Pandanaran (RSPD) Klaten Kamis (27/07) . 
 
Salah satu siswa SD peserta lomba payung Klaten 2017
Kepala Dinas Pariwisata Pemuda Kebudayaan dan Olah Raga ( Disparbudpora), Jaka Wiyana selaku ketua panitia penyelenggara mengemukakan,  tujuan penyelenggaraan lomba Lukis payung antara lain untuk menyediaaan media untuk menuangkan ekspresi   siswa yang gemar melukis khususnya payung  .  Disamping itu juga untuk mengenalkan pada generasi muda Klaten dan dunia, bahwa di Kota BERSINAR ini terdapat produk payung yang sangat terkenal pada jamannya.

Hubungannya dengan penyelenggaraan Lomba Lukis, Jaka Wiyana menjelaskan, dari ribuan peserta tersebut akan dipilih pemenang I, II dan III untuk medapatkan hadiah piala piagam dan uang pembinaan total sebesar Rp. 5,5 juta. ( Juara I Rp. 2,5 JUTA, II Rp. 2 juta dan III Rp. 1 juta ). Dengan kriteria penyurian bagi kelompok SD tentang keunikan, original dan kreatifitas /artistik, SMP dan SMA tentang Artistik, Tehnis/ Skill, Kreatifitas dan keunikan. ‘’ Penilaian melibatkan seniman lukis yang berasal dari kalangan akademisi dan pelukis lokal yang sukses dibidangnya’’ ujarnya .

Asisten Administrasi Setda Haji Sri Winoto mewakili bupati mengatakan,  melukis mempunyai peran sebagai penyampai pesan, ide dan gagasan para pelukis pada khalayak umum yang tidak lepas dari proses berkreasi.  Sehingga peserta lomba dapat mengekspresikan semua gagasan melalui karya seni yang dihasilkan dengan trasa tanggung jawab dalam tatan etika dan estetika. ‘’ Lomba lukis Payung ini dapat dimanfaatkan sebagai upaya pengembangan seni budaya dan apresiasi serta pembinaan kegiatan seni lukis payung ‘’ tandasnya.(dehan/masaan)
           
Share on Google Plus

Salam mattanews com

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...