Pra Event AYD III. Boleh Beda Tapi Tetap Guyub Karena Beda Itu Indah.

Seminar lintas agama dalam event WYD III Klaten
KLATEN MATTANEWS.COM - Orang Muda Katolik (OMK) Rayon Klaten Kevikepan Surakarta, Keuskupan Agung Semarang (KAS) menggelar acara Pra Event Asian Youth Day (AYD) III di Kampus Maria Assumpta Klaten, Sabtu (17/6). Dengan mengambil Tema Pra Event AYD III ini adalah “Bedo Keno, Guyub Kuwi Kudu” atau Berbeda Boleh, Damai Itu Harus dihadiri ratusan peerta yang umumnya kaum remaja.

Ketua panitia Pra Event AYD III Joshua Danu Kutanata,  mengatakan orang muda Katolik adalah bagian dari masyarakat, hidup bersama dengan warga yang berbeda, seperti agama, suku bangsa, dan sebagainya. Untuk itu berelasi atau srawung serta menjalin kebersamaan diatas perbedaan harus dilakukan demi terciptanya kerukunan dan kedamaian.

“Kita tidak hidup sendirian. Karena itu kita harus srawung (berelasi), agar hidup ini semakin tenteram, rukun, dan damai. Dengan srawung bersama masyarakat, kita akan dapat membangun dunia yang kita tempati bersama ini,” katanya.

Dalam acara Srawung Lintas Agama yang digelar dalam rangka memperingati hari kelahiran Pancasila ini disambut baik Forum Kebersamaan Umat Beriman (FKUB Kebersamaan) Kabupaten Klaten. Dalam sambutan, pengurus FKUB Kebersamaan Klaten dari agama Hindu I Wayan Sahopiartha mengapresiasi positif kegiatan ini.

Hadir dalam Pra Event AYD III ini utusan dari Komunitas Jagabaya (Hindu), Gerakan Pemuda Anshor, Banser, Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU), Ikatan Pelajar Perempuan Nahdlatul Ulama (IPPNU), Fatayat NU, Pemuda GKJ Wedi, GKJ Ketandan, dan sebagainya. Beberapa kesenian seperti ketek ogleng, musik akustik, musik Jimbe hingga musik terbangan yang dimainkan para remaja Muslim turut menyemarakkan acara tersebut.

Dalam kesempataan tersebut dilakukan pula acara buka puasa, yang diteruskan sholat Maghrib dan tarawih bersama bagi peserta umat muslim.  Dengan kebersamaan yanga indah ini diharapkan kaum remaja akan leboih bisa menerima perbedaan adalah sebuah kindahan serta keharmonisan yang harus tetap terjaga demi kedamaian serta kerukunan ditengah kehidupan ini.(laurent)
Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...