Plt Bupati Klaten Hj Sri Mulyani Serahkan Bantuan Rumah Roboh.

Plt Bupati Klaten Hj Sri Mulyani saat serahkan bantuan pada warga
KLATEN MATTANEWS.COM - Keluarga korban rumah roboh yang terjadi beberapa hari yang lalu mendapat perhatian dari pemerintah kabupaten Klaten. Senin(5/6) Plt Bupati Klaten Sri Mulyani yang didampingi Plt Kepala Dinas Soial, pemberdayaan perempuan perlindungan anak dan keluarga berencana Jaka Purwanto. Bantuan yang diberikan merupakan bagian dari program rutin Pemda yang sudah berlangsung selama ini yakni RTLH (Rumah Tidak layak Huni), dimana setiap rumah mendapat bantaun sebesar Rp 10.000.000,-

Bantuan pertama dilakukan pada keluarga Suparmi (60) warga RT,09 RW 03 Dukuh Karangmaja Desa Karangapekel Kecamatan Trucuk, Klaten dilanjutkan ke rumah keluarga Randimin Ratmo Sugito  di Kampung Banyon RT,02 RW04 desa Balak Kecamatan Cawas. Kepada kedua korban baik Suparmi maupun keluarga Randimin,  Sri Mulyani berpesan agar tabah dan tawakal dalam menerima cobaan, serta dapat mengambil hikmahnya.

Untuk pemugaran rumah kedua korban rumah roboh tersebut pemkab akan memprioritaskan dengan anggaran pemugaran RTLH yang tahun ini telah mengalokasikan sebanyak 1.600 unit masing-masing sebesar Rp 10.000.000.

‘’ Untuk pemugaran rumah pemkab akan membantu memanfaatkan dana pemugaran Rumah Tidak Layak Huni yang telah dianggarkan, namun menunggu proses yang sedang berjalan,‘’ ujarnya.

Sementara Suparmi didampingi kepala desa Karangpakel Sri Sugiyanto mengatakan, rumahnya yang berdinding bambu roboh pada Jumat (2/6 ) lalu sekitar pukul 06.00 WIB. Kerusakan itu akibat kondisi rumah yang memang sudah rapuh karena termakan usia dan sudah berumur sekitar 50 tahun,didirikan oleh orang tuanya.

Kepala Desa Karangpakel Sri Sugiyanto menjelaskan pemugaran selain ada bantuan dana dari program RTLH pembangunan rumah warganya juga memanfaatkan bantuan dari desa dan gotong royong masyarakat sekitar. “Selain bantuan kita lebih mengutamakan gegeret gotong royong dan kebersamaan, karena dengan kepedulian ini kita bisa berbuat lebih banyak lagi,‘’ ujarnya.

Sedang Randimin (67)  warga Cawas mendapaat bantuan karena rumahnya hancur tertimpa pohon Munggur besara saat terjadi angin lesus yang menerjang desanya beberapa waktu lalu.Beruntung saat kejadian dia dan seluruh anggotanya masih diberi keselamatan.(jecson/mashan)
Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...