Tingkatkan Layanan. Kini Pendaftaran BPJS Kesehatan Mandiri Bisa Via Telepon

Suasana kantor BPJS cabang Boyolali
KLATEN MATTANEWS.COM - BPJS Kesehatan kembangkan strategi kemudahan dalam pendaftaran keanggotaan JKN-KIS bagi masyarakat. Saat ini bagi calon peserta JKN - KIS katagori pekerja bukan penerima upah (PBPU)/peserta mandiri dan peserta katagori bukan pekerja (BP) tak perlu lagi mengantri di kantor BPJS, cukup mendaftar melalui saluran telepon BPJS Kesehatan Care Center  1500 -400, hal tersebut di sampaikan oleh kepala BPJS Kesehatan Boyolali M.Farid, Senin (15/05).

"Calon peserta katagori PBPU atau peserta mandiri dan peserta bukan pekerja, tak perlu lagi mengantri, kami akan layani pendaftaran melalui telepon, cukup tekan nomer telepon Care Center BPJS Kesehatan 1500 - 400 untuk mendaftar. Ujar M. Farid kepada wartawan.

Ada beberapa hal yg perlu di persiapkan saat akan mendaftar melalui telepon jelas M. Farid lebih lanjut, di antaranya Nomer Induk Penduduk (NIK), Nomer Kartu Keluarga, Nomer Rekening, Nomer Handphone, Alamat domisili untuk pengiriman kartu, dan alamat Email, ketika persyaratan tersebut telah lengkap maka calon peserta dapat menghubungi Care Center 1500 - 400 dan akan di layani oleh Ageng Care Center, pembicaraan calon peserta dan Agent akan menjadi bukti pendaftaran.

Untuk saat ini pendaftaran melalui telepon masih untuk peserta PBPU (Peserta Bukan Penerima Upah) atau peserta mandiri. Setelah Agent Care menyatakan pendaftaran selesai maka calon peserta BPJS mandiri akan mendapat Nomer Virtual Avount (VA) yang akan di kirim ke Handphone atau Email calon peserta. Sesudah mendapat Nomer VA, peserta dapat melakukan pembayaran pertama paling cepat 14 hari dan paling lambat 30 hari setelah terbitnya nomer VA.
Kepala Cabang BPJS Boyolali M.Farid
Peserta yang mendaftar melalui Care Center wajib melakukan pembayaran pertama bank dan pembayaran selanjutnya dengan mekanisme autodebet. Setelah pembayaran pertama kartu BPJS Kesehatan telah aktif, dan BPJS Kesehatan akan mencetak dan mendistribusikan kartu peserta JKN - KIS ke alamat peserta.

Adanya layanan pendaftaran melalui telepon menurut Kepala BPJS Kesehatan Cabang Boyolali M.Farid, merupakan upaya untuk meningkatkan pelayanan dan kepuasan peserta, karena kepuasan merupakan fokus utama BPJS Kesehatan pada 2017. Selain itu BPJS kesehatan akan mengembangkan berbagai terobosan dan inovasi untukemberikan kepuasan dan memperluas cakupan peserta.

Dalam kesempatan tersebut M. Farid juga mengungkapkan tahun 2016, kepuasan peserta sudah cukup tinggi di kisaran angka 78,6% dan BPJS Kesehatan menargetkan kepuasan peserta mencapai angka 80%, oleh karenanya di perlukan berbagai inovasi dan terobosan untuk mencapai target tersebut.(farought)
Share on Google Plus

Salam mattanews com

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...