SIM Habis Masa Berlakunya Tidak Bisa Diperpanjang. Sehari 300 Orang Perpanjang SIM.

KLATEN MATTANEWS.COM -  SIM yang telah mati atau habis masa berlakunya tidak bisa diperpanjang lagi. Pemilik harus mencari SIM baru dari awal sesuai proses yang berlaku. SIM hanya bisa diperpanjang jika masih berlaku. Untuk itu kepada pemilik SIM hendaknya melakukan perpanjangan  SIMnya  sebelum kadaluwarsa.
 
Baur SIM Polres Klaten Aiptu Gunawan
“SIM yang telah mati tidak bisa diperpanjang lagi. SIM hanya bisa diperpanjang jika masa berlakuknya belum habis. Untuk itu saya menghimbau agar para pemilik SIM untuk meneliti masa berlaku SIM miliknya dan bergegas datang ke lokat layanan SIM di Mapolres Klaten atau program SIM Keliling, jika SIMnya memang sudah mau habis”, demikian ditegaskan Baur SIM Polres Klaten Jawa Tengah Aiptu Gunawan saat ditemui diruang kerjanya.

Menurut Aiptu Gunawan proses perpanjangan SIM tidak sulit dan cepat. Pemilik hanya dibebani beaya kir dokter sebesar Rp 30 ribu dan membayar di loket BRI sebesar Rp 75 ribu, untuk SIM C dan Rp 80 ribu untuk SIM A. Sedang jika mencari SIM baru pemohon harus melalui mekanisme ujian teori dan tertulis serta membayar beaya kir dokter sebesar Rp 30 ribu dan membayar di loket BRI sebesar Rp 100 ribu untuk SIM C dan Rp 120 ri bu untuk SIM A.

Untuk pemohon perpanjangan jangan SIM menurut Gunawan bisa langsung jadi dan ditunggu. Sedang bagi pemohon SIM baru bisa beberapa hari tergantung lulus dan tidaknya dalam mengikuti proses ujian, baik teori dan pratek. “Untuk perpanjangan sehari jadi bisa ditunggu. Namun jika cari baru, tergantung kemampuan pemohon dalam mengikuti ujian tertulis atau praktek”, ujarnya.

Saat ini setiap hari pemohon SIM baru di kantor Satlantas Mapolres Klaten mencapai 40 hingga 50 pemohon perhari. Sedang untuk mereka yang memperpanjang SIM bisa mencapai angka 250 hingga 300 orang pemohon.(farought)
Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...