Ribuan Lilin Mengelilingi Candi Sewu Pramban Klaten. Dalam Upacara Waisak.

KLATEN MATTANEWS.COM – Ribuan umat Budha Klaten dan sekitarnya Kamis dini hari (11/5) tumpah ruah memadati komplek candi Sewu , Prambanan Klaten Jawa Tengah guna mengikuti detik detik rritual hari raya Waisak. Ribuan lilin pelta harapan dinyalan ribuan umat Budha. Selanjutnya mereka melakukan ritual Pradaksina atau berjalan mengelilingi komplek candi Sewu.
 
Para Bhiksu saat pimpin Waisak di candi Sewu Klaten
Sebelum acara dimulai sejumlah Bhiksu melakukan doa di altar utama. Usai berdoa para jemah umat Budha ini kemudian menyalakan lilin pelita harapan secara bersama sama. 2561 lilin nyala secara bersama. Jumlah tersebut disesuaikan dengan tahun SAKA saat ini yakni 2561 dimana lilin pelita memiliki makna penerangan. Jika hingga saat ini masih ada Umat Budha yang masih hidup dalam gelap hendaknya mulai menuju hidup baru dengan cahaya hidup yang lebih terang dengana kasih sayang Sang Budha Sidarta Gautama.

Dalam prosesi Pradaksina seluruh umat Budha dipimpin Sangha atau Panditha berjalan kaki sambil membawa bunga sedap mawar yang merupakan simbul kehidupan. Selama proses berlangsung mereka selalu melantunkan puji pujian pada sang Maha Kuasa demi keselamatan umat manusia.
Altar utama perayaan hari Raya Waisak di Candi Sewu Klaten
“Semua umat Budha selalu diajarkan untuk berkorban untuk sesama. Dalam peringatan kali ini tak lupa kita semua berdoa untuk seluruh umat manusia di dunia. Selain itu kami berdoa dan mendoakan negeri ini agar semua persoalan yang tengah melanda bangsa ini segera dapat selesai dengan damai. Kami berharap Cinta kasih Budha akan selalu menyertai dan ada dihati umat manusia, sehingga Indonesia selalu aman damai”, ujar Romo Khatman selaku ketua panitia.(ajipamungkas)

Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...