Pedagang Pasar Gedhe Klaten Resah, Menyusul Issu Pasar Akan Di Gusur Diganti Jadi Taman Kota.

KLATEN MATTANEWS.COM -  Sekitar 900 pedagang dipasar gede Klaten atau pasar tiga lantai yang berada tepat dijantung kota Klaten, Jawa Tengah resah menyusul munculnya issu tahun 2018 pasar akan dirobohkan dan diganti menjadi taman dan lahan terbuka hijau. Sementara pedagang akan ditempatkan sementara dilapangan Srago yang bekas digunakan pasar Srago sementara.
 
Pasar gedhe atau tiga lantai Klaten
Kepala pasar Gedhe atau pasar tiga lantai Badarudin membenarkan adanya keresahan tersebut. Bahkan hampir tiap hari dirinya didatangi pedagang yang bingung akan jualan dimana jika pasar benar benar akan digusur. Namun dirinya memastikan tidak ada penggusuran atau pembongkaran pasar seperti issu berita yang beredar selama ini.

“Keresahan para pedagang memang ada mas. Tapi sudah saya tegaskan dan saya beri penjelasaan jika semua berita itu tidak benar, maka pedagang tak perlu panik dan resah. Yang benar masa pemeliharaan pasar dari pihak kontraktor memang sudah habis pada tahun 2018 nanti”, ujarnya saat ditemui wartawan dikediamannya.

Menurut Badarudin, issu akan dirobohkannya pasar tiga lantai memang sudah berhembus sejak satu bulan terakhir ini. Issu tersebut sempat membuat pedagang pasar panik dan bingung. Namun setelah diberi penjelasan mereka bisa mengerti dan kembali tenang.

Pasar tiga lantai atau pasar gedhe Klaten dibangun tahun 1993 oleh PT Inti Griya Semarang dan akan berakhir masa kepemilikannya pada tahun 2018 nanti. Namun sayang pasar yang dibangun dengan dana milliaran rupiah tersebut “sia-sia” karena hanya bisa berfungsi 80 persen dari fasilitas bangunan yang disediakan.
Badarudin Lurah pasar gedhe Klaten
Penataan tempat yang salah sejak awal membuat pasar tiga lantai ini tidak bia digunakan secara maksimal. Sejak berdiri hingga sekarang bangunan di lantai 3 atau lantai paling atas nyaris tidak berfungsi sama sekali. Banyak pedagang berjualan dilantai tiga karena sepi pengunjung. Akhirnya lantai tiga nyaris kosong hanya dipakai sekitar 8 pedagang.

Jumlah pedagang pasar gedhe Klaten saat ini ada sekitar 900 orang dengan jumlah kios sebanyak 440 ditambah puluhan los pasar. Sementara fasilitas pasar seperti got saluraan air, MCK banyak yang tidak berfungsi. Kondisi pasar saat ini sudah tidak layak pakai, karena hampir semua pintu pasar tidak berfungsi sehingga rawan pencuri. Sementara atap pasar bocor, saluran mampet, sehingga jika turun hujan pasar banjir dan bau tak sedap. (faought/pamungkas)
Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...