Jembatan Widoro Putus. 60 KK Warga Gentan Gantiwarno Terisolir.

KLATEN MATTANEWS.COM -  Jembatan Widoro yang terletak di desa Gentan, Kecamatan Gantiwarno, Klaten, Jawa Tengah putus karena pondasi jembatan tergerus arus banjir yang terjadi beberapa hari lalu. Akibat amblesnya jembatan tersebut sedikitnya 60 KK terisolir dan harus memutar sejauh 4 kilometer jika ingin berpergian.
 
Jembatan Widoro putus karena pondasi tergerus banjir
Jembatan Widoro memang bukan sebuah jembatan namun, jembatan yang berada di wilayah perbatasan Kabupaten Klaten dan Gunung Kidul Jogyakarta ini merupakan akses satu satunya untuk mencapai kedua wilayah masing-masing. Maka dengan putusnya jembatan tersebut praktis kegiatan perekonomian warga cukup tersendat.

Dengan panjang 20 meter dan lebar 3 meter, jembatan Widoro memang tergolong sudah cukup umur. Sejak dibangun sekitar 30 tahun lalu untuk menghubungkan wilayah di dua kabupaten tersebut belum pernah rusak. Namun hujan terus menerus yang terjadi belakangan ini tampaknya membuata tanah sekitar pondasi longsor yang akhirnya mengakibatkan jembatan putus.

“Jembatan ini sudah lama dibangun mas dan selama ini belum pernah rusak. Tapi tampaknya banjir yang terus terjadi membuat tanah sekitar pondasi tergerus akhirnya membuat jembatan putus”, ujar Joko Susilo ketua RT setempat.

Sungai Widoro adalah sungai yang melintas disepanjang tepi perbukitan seribu yang membentang dari timur hingga barat, memisahkan Kabupaten Klaten dan Kabupaten Gunung Kidul. Sungai yang airnya bermuara di sungai Bengawan Solo ini jika turun hujan mudah meluap karena menampung muntahan air yang turun dari atas pegunungan kapur.

Kini Warga Gentan berharap pemerintah Kabupaten Klaten segera turun tangan membangun kembali jembatan yang sangat vital tersebut. Selain harus memutar sejauh 4 kilometer, banyak siswa sekolah yang akhirnya harus berangkat lebih awal untuk pergi kesekolah karena jarak tempuhnya menjadi lebih panjang.”Kasihan anak anak yang mau berangkat kesekolah mas, mereka harus memutar untuk menuju tempat tujuan (ajipamungkas)  
Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...