Jelang Puasa Warga Manjung Klaten Lakukan "GUGUR GUNUNG" Menuju Lingkungan Bersih.

KLATEN MATTANEWS.COM - Masyarakat desa Manjung kecamatan Ngawen Klaten Jawa Tengah serempak melakukan gerakan "GUGUR GUNUNG" Gotong Royong membersihkan lingkungan sekitar. Kegiatan dipimpin langsung kepala desa setempat AB Amanto dan Tokoh masyarakat, dilakukan disemua wilayah yanaga terdiri dari sepuluh  rukun warga (RW).
 
Warga Manjung lakukan gotong royong
Gebrak gotong royong tersebut, juga ditandai dengan penanaman bibit pohon kelapa kopyor oleh Plt Bupati Klaten Hajah Sri Mulyani dan Kepala Dispermasdes Jaka Purwanto. Sementara bibit tanaman Jambu bol ditanam oleh Sekretaris Daerah haji Jaka Sawaldi. Total bibit kelapa kopyor yang ditanam mencapai 350 batang.

Kepala desa Manjung AB Amanto mengatakan, GEBRAK Gotong Royong dalam rangka Bulan Bakti Gototng royong yang digerakkan oleh perangkat desa dan tokoh masyarakat diikuti oleh semua elemen masyarakat. Mulai kelompok Karang taruna desa sebanyak 100 orang melakukan kebersihan di empat masjid, satu gereja dan satu pure. kelompok Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di lingkungan sekitar, dan kelompok yang lain melakukan kebersihan disaluran irigasi pertanian untuk memperlancar laju air irigasi pertanian . 
Acara tersebut lanjut Kepala Desa juga dalam rangka menyambut tradisisi Sadranan dimana dalam bulan ruwah ini masyarakat melakukan Bersih-Bersih Makam di tujuh lokasi permakamam yang ada.Dalam acara tersebut nantinya juga akan digelar pentas wayang kulit semalam suntuk dan kirab gunungan hasil bumi.

Pelaksana tugas (Plt) bupati Klaten Hajah Sri Mulyani mengemukakan, atas kegiatan yang dilaksanakan oleh masyarakat desa Manjung ini Pemerintah kabupaten Klaten sangat mengapresiasinya. Untuk itu secara berkala kegiatan yang sama agar tetap terus dilakukan untuk dapat mewujudkan lingkungan bersih dan sehat. ‘’ Yang perlu diingat limbah yang dihasilkan dalam kegiatan gotong rpyong semacam jangan dibuang ke sungai agar tidak terjadi banjir, tepi lebih baik apabila bisa diolah menjadi pupuk organic agar lebih bermanfaat ‘’ ujarnya.(mashan/aan)
Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...