Upacara Kartinian ke 138, Di Alun-Alun Klaten Bernuansa Adat Jawa Tengah.

Kepala Sekolah SMP Negeri II Klaten saat menerima hadiah
KLATEN MATTANEWS.COMPlt Bupati Klaten Hj Sri Mulyani menyerahkan sejumlah bantuan dan hadiah kepada para pemenang lomba yng digelar dalam rangka memperingati hari Kartini tahun 2017. Pemberian bantuan dilakukan usai Bupati memimpin upacara hari Kartini yang dilakukan dengan tradisi serba kejawen.

Beberapa yang mendapat bantuan antara lain LKSA sebesar Rp. 25 juta untuk beberapa LKSA. Dalam kesempatan itu istri mantan Bupati Klaten H. Sunarno ini juga bekenan menyerahkan hadiah bagi para pemenang Lomba.  Masing-masing untuk Lomba kebersihan antara UPTD Pendidikan jura 1 UPTD Cawas,  Wedi dan Juwiring, antar Sekolah dasar Juara 1 SDN Cawas, SDN Pandeyan Jatinom dan SDB Kebondalem Lor Prambanan. Lomba tingkat  SMP juara 1 SMPN2 Klaten,  jura 2 SMPN 1 Jatinom dan juara 3 SMPN 1 Jogonalan.          

Lomba kebersihan antar  Puskesmas, juara nya dimenangkan Puskesmas Manisrenggo, Karangdowo dan Klaten Utara .  Untuk kantor kecamatan dimenangkan kecamatan Prambanan, Delanggu dan Nngawen. Kebersihan antara Organisasi Perangkat daerah (OPD) dimenangkan oleh Dispertan, Dinas PU dan PR serta Sekretariat daerah.  Sedang lemba kwebersihan pasarr, juaranya diraih Pasar Cokro kembang, disussul PaSAR Masaran Cawas dan Pasar Srago Mokayan Klaten tengah.

Sementara untuk lomba merisas wajah isteri, juara 1 diraih kepala UPTD Pendidikan kecamatan Prambanan, UPTD kecamatan Karangnongko dan Dirut Bank Klaten. Lomba Bola Joget Putra  juara 1 Dispendukcapil, UPTD Pendidikan Prambanan dan UPTD Pendidikan Klaten Tengah. Lomba Bola Joget Putri dimenangkan  Kecamatan Klaten Selatan, BPKD dan UPTD Pendidikan kecamatan Karranganom.
Tim jaga medis RSUD Bagas Waras Klaten di alun-alun juga berpakaian adat
Dalam upacara Jum’at pagi (21/4) yang dihadiri sekitar  1500 pegawai negeri sipil, semua dilakukan dengan tata cara adat Jawa tengah dengan bahasa jawa Kromo inggil. Mulai parnoto cara, Manggala bergada. Hastungkara, Waosan Riwayat Singkat  Raden Ajeng Kartini higga Inspektur upacara oleh plt Hajah Sri Mulyani.

Plt bupati  Klaten Hajah Sri Mulyani, ditemui usai memimpin berharap, semua wanita Indonesia khususnyaara Srikandi yang ada di Klaten untuk terus mencari ilmu  demi kebahagiaan keluarga masyarakat bangsa dan negara.  Karena dengan tambahan ilmu yang dimiliki diharapkan akan membawa dampak positip pada lingkungan sekitar dimana warga akan semakin baik dan sejahtetra. “ Wanita bukan sekeder hiasan rumah dan pelengkap kehidupan. Namun diciptakan untuk kesempurnaan bermasyarakat berbangsa dan bernegara yang bisa ditauladani anak keturunannya demi masa depan generasi yang akan datang“ ujarnya.

Menurut Hajah Sri Mulyani, RA Kartini pernah menulis surat yang berisi, SEDYANING PAWIYATAN MAKATEN MBOTEN ADAMEL WANITA TANAH JAWI KEDAH KADYA PARA WALLANDI, ANANGING KADOSPUNDI PARA WANIYA TANAH JAWI ANGGADAHI PAKARTI KANG ENDAH SATEMAH HANDAYANI BEBRAYAN AGUNG (  Pendidikan tidak dilaksanakan  untuk membuat wanita tanah Jawa harus seperti Belanda, tetapi menjadikan Wanita Jawa memiliki Budi Pekerti Luhur yang bermanfaat  bagi  kehidupan bermasyarakat  berbangsa dan bernegara).(aan/mashan)
Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...