Peringati RA.Kartini Para Bakul Sayur Dan Pedagang Pasar Adu Keluwesan Di Pasar Srago.

KLATEN MATTANEWS.COMPaguyuban pedagang pasar tradisional Kota Klaten dan sekitarnya mengadakan Perayaan hari Kartini tahun 2017. Kegiatan diprakarsasi Unit pelaksana Tehnis (UPT) Pasar 1  Klaten di kompleks Pasar Srago tersebut, dikemas dalam Lomba Keluwesan dan Adu Kawruh (Cerdas cermat) berbahasa Jawa. Lomba diikuti sekitar 100 pedagang baik laki dan perempuan.
 
Pekerjaan boleh bakul lombok tapi keluwesan dan kecantikannya Wow..
Ketua Paguyuban Anggota Pasar Srago Kalurahan Mojayan Kecamatan Klaten Pengah, haji Panut Hadi Lukito (80) ditemui ditengah acara berlangsung mengemukakan, Perayaan Kartinian tahun 2017 ini sengaja dilakukan  oleh para anggota Paguyuban  untuk menyemarakkan Peringatan Hari Kartini tahun 2017. Disamping itu juga mengajak para anggota untuk mengenang dan meniru semangat juang yang dilakukan oleh Raden Ajeng Kartini pada masanya saat memperjuangkan hak-hak kaum wanita agar dapat sejajar dengan kaum pria.  

Lebih lanjut Panut mengatakan, parayan Kartinian tersebut diikuti oleh perwakilan pedagang Plasa Klaten, Pasar Klaten lantai 3, Pasar Wedi, Pasar Gentongan dan Pasar Srago. Sedang Lomba yang diselengarakan adalah lomba keluwesan dalam berbusana dan adu kawruh (cerdas cermat) menggunakan bahasa Jawa.  Untuk lomba Adu Kawruh soal-sal yang ditanyakan seputar kegiatan dan cara menjaga kebersihan lingkungan pasar

Menurut Panut, kepesertaaan lomba baik keluwesan maupun Adu Kawruh dilakukan berdasarkan keterwakilan jenis usahanya. Misalnya untuk kelompok Kembang kenikir berasal dari pedagang Sayuran kelompok Blewah dari pedagang buah, juga pedagang daging, pedagang makanan ringan dan pedagang Sembako. ‘’ Pengelompokan tersebut hanya dimaksudkan untuk menggalang semangat diantara peserta lomba dari jumlah pedagang Srago yang mencapai 407 orang ‘’’ ujarnya.

Salah seorang peserta Lomba Nyonya Endang (56) warga Ngrundul Kebonarum yang keseharian berjualan daging ayam di pasar Srago merasa senang dan bangga dapat terlibat langsung dalam Perayaan Kartinian khusus bagi para pedagang pasar tersebut. Kedepan harapannya lomba lebih semarak dengan peserta lebih banyak, dalam mengenang perjuangan RA Kartini tersebut. ‘’ Kami merasa amat senang dapat bersama bergembira, dan tidak  berjualan saja, tapi bisa berbuat untuk orang banyak ‘’ ujarnya.

Sementara Kepala Pasar Srago Klaten H. Agus Wirosworo menyambut baik serta mendukung kegiatan yang diadakan oleh para pedagang. Hal itu merupakan salah satu bentuk rasa syukur dan penghormatan pada para pahlawan khususnya RA Kartini sebagai pejuang pembela hak azasi perempuan.” Sebagai kepala pasar saya mendukung kegiatan ini”, ujarnya saat ditemui.(aan/mashan)  
Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...