Klaten Dapat Jatah 10 Ribu Keping. Pekan Depan Sudah Bisa Layani Pembuatan E-KTP 250 Pemohon Sehari

KLATEN MATTANEWS.COMKantor Dinas kependudukan dan catatan sipil Klaten mendapat droping KTP elektronik dari pusat sebanyak 10 ribu keping. Sementara hingga kini jumlah pencari KTP di Klaten yang sudah tervalidasi penanggalaannya oleh data center di Kemendragi dan sudah masuk dalam katagori Print ready Record (PRR) sebanyak 18.452 orang. Sehingga dapat dipastikan walau sudah ada droping keping KTP namun belum semua bisa terlayani.
 
Rakor Dinas dukcapil Klaten terkait turunya 10 ribu keping E-KTP
Kepala Dinas Kependudukan dan catatan Sipil Klatn  Widya Sutrisno menjelaskan KTP -El  yang bisa dicetak adalah KTP yang sudah berkatagori PRR yang datanya sudah disebarkan diseluruh desa dan kalurahan di Klaten. Dengan pengertian Perekaman data yang dilaksanakan di Disdukcapil setelah tanggal 14/12/2016 belum bisa dicetak karena data belum tervalidasi penunggalannya oleh Data Center di Kemendagri. ‘’ Pencetakan KTP -El yang dimulai Selasa 25 April pekan depan setiap hari hanya melayani 250 pemohon, yang telah membawa keterangan Pencetakan KTP-El dari desa/kalurahan pada jam kerja ‘’ jelasnya.

Dijelaskan lebih lanjut semenjak September 2016  hingga saat ini (pertengahan April 2017) jumlah warga Klaten yang melaksanakan perekaman data KTP Elktronik mencapai 18 ribu ditambah 45 ribu setelah Desember 2016 atau keseluruhan jumlahnya sekitar 63 ribu. Dari angka tersebut, perekaman yang sudah tervalidasi penungggalannya oleh Data Center di Kemendagri dan sudah berkatagori Print Ready Record (PRR) sebanyak 18.452 orang.

Terkait adanya droping keping KTP Kepala Dinas Kependudukan Catatan Sipil,(Dispenduk Capil)  Widya Sutrisno dan jajaran pejabatnya dengan para Kepala Seksi Pemerintahan Kecamatan Rabu pagi (19/4) langsung melakukan rapat koordinasi di ruanag B1 Pemda Klaten guna persiapan pelaksanaan cetak KTP agar berjalan lancar dan bisa dipahami oleh masyarakat.

Widya Sutrisna didampingi Pelaksana tugas (Plt) kepala Bidang Pendaftaran Penduduk (Dafduk) Sri Hartanto menjelaskan pemerintah pusat telah mencetak sebanyak 7 juta keping Blangko E KTP,  dimana Propinsi jateng mendapat jatah sebanyak 320 ribu keping dan Klaten sendiri hanya kebagian 10 ribu keping.Dengan keterbatasan ini maka jumlah perekam data yang sudah tervalidasi belum dapat dicetak semua, disesuaikan dengan blangko yang diterima ‘’ ujarnya.

Lebih lanjut Widya menjelaskan, prosedur pencetakan KTP-Elektronik  pemohon datang ke kantor desa/kalurahan membawa foto copy Kartu keluarga untuk mendapatkan surat pengantar pencetakan. Kemudian Desa/Kalurahan memferifikasi KK pemohon, apabila data ada dalam daftar PRR bisa membuat Surat Pengantar Pencetakan KTP-El, selanjutnya pemohon membawa Surat Pengantar dimaksud ke Disdukcapil untuk didaftarkan ke petugas Dukcapil untuk memferifikasi data ajuan. ‘’ KTP-El yang sudah dicetak bisa diambil dengan menunjukkan kartu pengambilan dari petugas Dukcapil.

Sementara dengan jumlah 10 ribu keping menurut Widya diperkirakan pelayanan pencetakan KTP – Elektronik bisa diselesaikan sekitar dua bulan. Untuk lainnya kembali menunggu droping  blangko susulan dari pemerintah pusat (Kemendagri) , kemudian proses pencetakan KTP-El bisa berikutanya bisa dilanjutkan kembali.(aan/mashan)

Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...