Jelang Ramadan Harga Kebutuhan Mulai Melonjak. Bawang Putih Capai 32 Ribu/kg.

KLATEN MATTANEWS.COM - Harga bahan pokok di pasar tradisional di Kabupaten Klaten pada satu bulan menjelang bulan Ramadan 1438 hijriah mulai bergerak naik. Kenaikan harga itu terutama pada komoditi bawang putih dan beras. Belakangan ini, sebagian warga juga memulai berburu sembako untuk persiapan tradisi Sadranan.
 
Suasana pasar tradisional tiga lantai kota klaten
Berdasarkan pantauan di Pasar Kota Klaten pada Selasa (25/4/2017) pagi, harga bawang putih mencapi Rp 60 ribu ker kg. Padahal sepekan yang lalu, harga bawang putih hanya Rp 30 ribu per kg. Menurut sejumlah pedagang, kenaikan harga bawang putih ini dipicu terbatasanya pasokan serta meningkatnya permintaan menjelang Ramadan.

Selain bawang putih, harga beras berbagai jenis juga naik meski hanya Rp 500 per kg. Kenaikan harga beras ini sepertinya sudah menjadi tradisi menjelang Ramadan dan Idul Fitri. Apalagi sekarang ini, di sejumlah daerah tak ada panen.

Sementara itu, harga bawang merah relatif stabil. Pada awal pekan ini, harga bawang merah Rp 30 ribu per kg. Bahkan, harga cenderung turun dalam beberapa pekan terakhir ini.

Di bagian lain, harga cabai rawit dan cabai merah juga masih stabil. Menurut sarbini, pedagang sembako di Pasar Kota Klaten, harga cabai rawit memcapai Rp 50 ribu dan harga cabai merah Rp 22 ribu per kg. Menjelang Ramadan, harga cabai rawit dan cabe merah diperkirakan akan terus naik. (laurent/ajipamungkas)
Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...