Desa Mlese Gantiwarno Pusat TMMD Sengkuyung I. Dibuka Setda Joko Sawaldi

KLATEN MATTANEWS.COMPembukaan Kegiatan Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) Sengkuyung tahap I tahun anggaran 2017. Digelar di lapangan Mlese Gantiwarno Klaten Rabu (5/4). Upacara pembukaan diikuti ratusan peserta dari unsur TNI, POLRI, LINMAS, Aparat Sipil negara (ASN), Ormas, OSIS dan Pramuka  ditandai dengan pemukulan Kenthongan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Haji Jaka sawaldi mewakili Pelaksana tugas (Plt) Bupati Klaten Hajah Sri Mulyani.
 
Setda Klaten Joko Sawaldi buka TMMD Sengkuyung tahap I
Sebelum pembukaan kegiatan diawali dengan pementasan tari Gambyong oleh tujuh orang pelajar Sekolah Menengah pertama Negeri (SMPN) 1 Gantiwarno tersebut, juga diselelenggarakan Pasar Murah oleh sejumlah lembaga dan masyarakat di wilayah kecamatan Gantiwarno., untuk membantu meringankan biaya kebutuhan masyarakat sekitar.

Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim 0723/Klaten, Kapten Infantri Ronggo Basuki selaku Perwira Pelaksanaan TMMD 2017 mengatakan, kegiatan TMMD Rgulair ke 98 dan Sengkuyung Tahap 1 Klaten selama sebulan mulai tanggal 5 April hingga 4 Mey 2017 dipusatkan di desa mlese Gantiwarno. Kegiatan dilakukan bersama anatara TNI dan masyarakat serta komponen instansi terkait lainnya, didukung dana sebesar Rp. 37`1,600 juta yang berasal dari APBD jateng Rp. 187 juta dan APBD Klaten 164,98 juta serta swadaya masyarakat sebesar Rp. 20 juta.

Lebih lanjut Ronggo Basuki mengatakan, TNMD tahun 2017 Klaten  memiliki sasaran Kegiatan Fisisk berupa betonisasi Jalan sepanjang 1.300 Meter Lebar 3 Meter dan tebal 10 CM. Disamping itu juga rehap rumah tidak layak huni (RTLH) sebanyak 10 unit, jamban keluarga delapan unit serta bantuan keagamaan untuk rehab masjid satu unit. “ kegiatan non fisik berupa penyuluhan membangun semngat bela nedgara, pemanfaatan lahan dengan Hidroponik dan lainnya, serta pelayanan KB dan Kesehatan serta kegiatan khusus berupa kesenian dan olah raga “ jelasnya.

Menurut Ronggo basuki, manfaat kegiatan (proyek) antara lain untuk memperlancar transportasi dan meningkatkan perekonomian, membuka akses jalan pertanian dan hasilnya gunamendukung ketahanan pangan nasional. Disamping itu juga untuk memperindah wajah desa, menumbuhkan semangat gotong royong, guna menjaga kesatuan dan persatuan kehidupan dan berbangsa dan bernegara.

Gubernur Jateng Haji Ganjar Pranowo dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekda haji jaka Sawaldi mengatakan, sinergitas dan kemanunggalan TNI dengan rakyat serta pemerintah melalui TMMD menjadi suatu keuatan luar biasa untuk memajukan desa, menggali dan mendayagunakan potensi serta mengatasi berbagai persoalan dengan solosinya. “ Kita ingin seluruh desa dan masyarakat Jawa Twengah makin maju, mandiri dan sejahtera “ ujarnya.(aan/han)
Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...