Buntut Dugaan Pungli Oknum Kepala terminal Bus, Tukang Cuci Bus "Diintruksikan" Bungkam.

KLATEN MATTANEWS.COMBuntut dugaan tindak pungli yang dilakukan oknum kepala terminal bus Ir. Soekarno Klaten Jawa Tengah Sumarjono, para tukang cuci bus melakukan aksi bungkam. 7 tenaga harian lepas yang sehari hari bekerja mencuci bus tak ada satupun yang mau menjawab pertanyaan wartawan. Mereka menghindar seolah ada “intruksi” dari “atasan”.

Para tenaga pencuci bus di terminal bus Ir.Soekarno Klaten
“Saya tenaga pocokan mas. Saya hanya dimintai tolong membantu mas karena tenaganya sedang tidak ada”, demikian beberapa jawaban saat ditanya, sesaat kemudian merekapun menghilang meninggalkan bus yanag mereka cuci, seakan sudah ada “perintah” dari “atasan” untuk menghindari wartawan.

Menurut sumber di terminal para pekarja setiap harinya rata rata bisa mencuci bus lebih dari 20 unit bus ukuran besar. Mereka bekerja sejak pagi hingga siang hari. Bus yang mereka cuci kebanyakan berasal dari bus lintas propinsi (bus malam) yang parkir pagi hari dan kembali ke agen masing masing menjelang siang.

Saat ditanya berapa upah yang mereka terima, tidak ada satupun dari mereka yang mau menjawab. Namun menurut sumber penghasilan mereka tak lebih Rp 50 ribu/sehari. Masih menurut sumber dulu malah pencucian mobil dikelola oleh paguyuban. Namun entah apa sebabnya sekarang bisa dikuasi secara perorangan.

“Dulu awalnya semua pengelolaan kegiataan di terminal ini berjalan tertib dan transparan. Tapi entah mengapa sekarang kok jadi begini mas”, ujar sumber. (red/farought)
Share on Google Plus

Salam mattanews com

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...