Warga Nggeneng Gotong Royong, Buatkan Rumah Suwarso Yang Roboh Diterjang Lesus.



Rumah baru Suwarso hasil swadaya warga setempat
KLATEN MATTANEWS.COM – Suwarso (50) warga dukuh Pradon Desa Geneng, kecamatan Prambanan, Klaten Jawa Tengah bisa bernafas lega. Gubuh reyotnya yang roboh rata dengan tanah pada Minggu lalu kini sudah diperbaiki oleh warga setempat. Dengan semangat guyub gotong royong warga rela berswadaya membuatkan rumah Suwarso dengan batako senilai Rp 25 juta.

Rumah Suwarso sendiri pada Minggu  lalu diterjang hujan deras yang disertai angin lesus. Akibatanya rumah yang terbuat dari gedek dan bambu tersebut hancur dan roboh dengan tanah. Beruntung sebelum  kejadian tersebut Suwarso beserta istri dan 4 orang anaknya telah mengungsi kerumah tetangga karena rumah trocoh (air masuk dari genting saat hujan). Sehingga dalam kejadian itu tidak menimbulkan korban jiwa.

Kepala Desa Nggeneng Agung Saputro menjelaskan rumah korban mulai diperbaiki sejak hari Kamis lalu secara gotong royong oleh warga setempat dengan dana swadaya. Keseluruhan beaya untuk membuatkan rumah Suwarso menghabiskan dana sebesar Rp 25 juta, dengan rincian Rp 10 juta dari PAD, Rp 4 juta dari dana desa dan sisanya ditanggung warga dengan cara swadaya.

Dengan dana tersebut warga bisa membuatkan rumah Suwarso dan keluarga dengan bahan batako, kayu dan genteng. Rumah dibuat cukup besar yakni dengan ukuran 9 X 6 meter. Dalam proses pengerjaan, setiap hari secara gotong royong ada 15 warga yang bekerja.

“Ini bentuk kepedulian dan kepekaan warga kami dalam hidup bermasyarakat. Budaya gotong royong dengan nilai ketulusan yang tinggi membuat kami semua dapat hidup damai dan rukun. Dan perlu diketahui selain dana dari desa, semua kekurangan ditanggung warga dengan swadaya. Dan jika memerlukan tenaga banyak kita tinggal komando warga akan datang dengan sendirinya”, ujar kepala Desa.  

Sementara siang tadi Kamis (9/3) plt Bupati Klaten Hajah Sri Mulyani berkenan meninjau rumah Suwarso. Dalam kesempatan tersebut plt Bupati berkenan memberi sekedar bingkisan pada keluarga Suwarso.(han/nabe)

Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...