Siswa SMP Negeri 1 Kalikotes Klaten Olah Limbah Jadi Berkah


Siswa SMPN1 Kalaikotes trampil dalam berkarya seni
KLATEN MATTANEWS.COMKreativitas dan inovasi siswa SMP Negeri 1 Kalikotes, Kabupaten Klaten ini perlu dicontoh dan bisa menjadi inspirasi masyarakat untuk berkarya. Dengan kemampuan ketrampilan yang dimiliki para siswa mampu  memanfaatkan limbah anorganik untuk dibuat aneka kerajinan tangan yang bernilai guna dan enonomi. Seperti limbah pipet dan tusuk es krim yang disulap menjadi tempat pensil, bunga, hingga lampu hias.

Pemanfaatan limbah anorganik ini dimaksudkan untuk menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, sehat serta hijau. Kepala SMPN 1 Kalikotes Siti Sunarsih mengatakan, lingkungan sekolah yang nyaman, asri, bersih, dan sehat merupakan salah satu faktor penunjang keberhasilan belajar. Selain itu, pendidikan kerajinan tangan juga diharapkan dapat memberikan manfaat bagi siswa di kelak kemudian hari.

Kedepan lanjut Siti dirirnya aberharaap para siswa nantinya dapat mengembangkan wirausaha handicraft atau kerajinan lainnya secara mandiri. Sehingga disamping kegiatan utama belajar anak anak bisa mengisi waktu luang dengan kegiatana positip yang menghasilkan.

Siti Sunarsih menjelaskan, pendidikan kerajinan tangan ini dilakukan pada mata pelajaran PKK. Siswa diedukasi membuat bank sampah. Nantinya, sampah tersebut diolah kembali hingga menghasilkan produk yang memiliki nilai jual dan bernilai guna. Kegiatan ini juga dapat menciptakan lingkungan sekolah yang nyaman, sehat, dan bersih.

“Sampah organik dapat diolah menjadi pupuk kompos alami untuk dimanfaatkan sebagai pupuk taman di sekolah. Sedangkan produk anorganik seperti kertas bekas dapat diolah menjadi kertas daur ulang yang dapat dimanfaatkan untuk mading. Selain itu, limbah pipet dan tusuk es krim misalnya, bisa disulap menjadi tempat pensil, bunga, hingga lampu hias. Dan ini merupakan salah satu bentuk kreativitas anak yang nantinya mungkin bisa menjadi salah satu kegiatan sampingan  yang bisa dikembangkan dan bernilai ekonomis.tandasnya (laurent)
Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...