PKL Di Trotoar Jalan Merbabu - Mayor Kusmanto Digaruk. Lainnya "Dipelihara"



Petugas satpol PP membongkar lapak dagangan PKL di Klaten
KLATEN MATTANEWS.COM - Petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Klaten menertibkan pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di trotoar di Jalan Merbabu hingga Jalan Mayor Kusmanto Klaten, Rabu (8/3). Penertiban ini terpaksa dilakukan karena PKL dinilai membandel.  Selanjutnya lapak pedagang  diangkut ke Kantor Satpol PP Klaten.

Dalam operasi tersebut semua berjalan lancar. Walau ada keberataan adari beberapa pedagang, namun mereka merelakan lapak dagangannya dibawa ke kantor PP, setelah mendapat pengarahan dari petugas.

Kasat  PP Klaten Sugeng Haryanto mengatakan, penertiban ini dilakukan setelah PKL tidak mengindahkan teguran dan peringatan yang disampaikan petugas. Mereka lebih memilih berjualan di trotoar dan tepi jalan karena lebih cepat laku.

Mereka nekad berjualan ditepi jalan karena merasa lebih mudah mencari pembeli. Padahal, berjualan di tempat tersebut mengganggu ketertiban lalu lintas dan dapat mengancam keselamatan jiwa para pedagang dan pembelinya,” ujarnya.

Satpol PP Klaten berkomitmen tidak akan mentolerir PKL yang membandel. Satpol PP tetap akan bertindak tegas guna penegakan Perda. Namun demikian, penertiban PKL dilakukan dengan cara cara persuasif dan santun dengan memberikan pengarah pada PKL.

Namun apakah komitmen tersebut bisa berlangsung adil dan bijaksana, ternyata masih banyak warga yang meragukan. Mereka masih melihat kinerja Satpol PP setengah hati dan tebang pilih. Karena di Klaten masih banyak badan jalan atau trotoar digunakan untuk berjualan para PKL, namun tidak pernah ada teguran. (laurent)

Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...