Manjungan Kembangkan Umbul Susuhan Menjadi Wisata Air Sesuai Harapan Bupati.



Umbul Susuhan yang mulai direhab
KLATEN MATTANEWS.COMSebulan setelah dilantik menjadi Bupati Klaten Hj Sri Hartini saat itu pernah berobsesi menjadikan Klaten menjadi kota wisata air. Mengingat Klaten kaya akan sumber mata air dana air yang melimpah. Walau kini beliau sudah tak menjabat lagi sebagai Buapati Klaten Tampaknya obsesi dan cita citanya itu banyak ditangkap masyarakat Klaten yang peduli akan potensi kekayaan Klaten yang ada.

Salah satu tempat wisata baru yang kini tengah di garap oleh pemerintah desa Manjungan, Ngawen, laten ialah menyulap umbul Susuhan menjadi destinasi wisataa air di Klaten. Keberadaan umbul yang selama ini tidak di manfaatkan dengan baik, mulai 2017 ini mulai di garap oleh Pemdes desa bersama rakyat Manjungan sebagai tempat wisata air yang tak kalah menarik dengan tempat-tempat wisata air yang sudah ada.

Umbul Susuhan demikian warga sekitar menyebut sumber mata air yang letaknya persis di samping jalan raya Jatinom - Klaten, dan tidak jauh dari sumber mata air yang sudah cukup di kenal oleh masyarakat Klaten tempat pemandian Jolotundo.

Kini umbul Susuhan mulai di poles dan di percantik untuk menarik pengunjung, beberapa kolam telah siap, terutama kolam untuk anak-anak. Selain itu tak jauh dari umbul susuhan yang tengah di garap oleh pemerintah desa, sebuah taman agro park juga tengah di persiapkan untuk menarik wisatawan lokal.

Pengembangan agro park oleh desa bekerja sama dengan investor, dengaan luasan 12 hektar tanah yang merupakan tanah kas desa, kini desa manjungan siap bersaing dengan tempat wisata lokal yang ada di Klaten

“Pengelolaan dan pembangunan agro park di serahkan ke pihak ketiga selaku investor, sedangkan desa memfasilitasi dengan memberikan tanah kas desa untuk di bangun wahana wisata tanaman langka” kata Septia Bunga Anansa, salah satu petugas pengelola Hanafiza Agro, Manjungan, Ngawen.

Masyrakat pencita tanaman bisa menikmati berbagai jenis tanaman langka dan juga berekreasi bersama keluarga di Hanafiza Argo dengan biaya murah.Di tambahkan oleh Septia Bunga, pengunjung agro park Selain mendapat ilmu dan mengenal tanaman langka, juga bisa membawa pulang tanaman langka dengan harga terjangkau.

“kalau ada pengunjung yang ingin menanam tanaman langka di rumah, kami sediakan bibit yang di jual dengan harga ternjangkau” imbuh Septia Bunga.

Selain tanaman langka di Hanafiza agro park juga menyediakan danau dengan permainan perahu bebek, podium untuk berbagai acara dan fasilitas pesta pernikahan dengan nuansa alam.

Terkait, untuk sementara pembangunan agro park baru 2 hektar dari 12 hektar yang di rencanakan, karena lahan yang sedianya untuk taman wisata tersebut masih di tanami tebu, dan untuk kelanjutan pembangunan menunggu hingga panen.

Salah satu obyek wisata di umbul Susuhan
“Pembangunan agro park ini akan di lanjutkan setelah tanaman tebu di panen, saat ini baru 2 hektar lahan yang kami garap dari total 12 hektar ayang di sediakan” Ujar Hari Supriyanto, selaku owner Hanafiza agro park.

Lebih lanjut Hari Supriyanto mengatakan pembangunan lokasi wisata berbasis tanaman langka tersebut akan selesai pada bulan puasa mendatang. Berbagai fasilitas wisata yang memanjakan pengunjung tengah di persiapakan oleh Hanafiza agro park sehingga pengunjung akan betah.

Untuk di ketahui, Hari Supriyanto merupakan seorang konsultan dan peneliti berbagai tanaman langka. Dan saat ini di percaya oleh salah satu pensiunan Jendral untuk mengembangkan hal yang sama. Dan berbagi hasil penelitiannya terkait buah langka serta penemuan buah-buah an dengan  varietas unggul telah banyak memberikan manfaat pada masyrakat luas.

Masih banyak sumber air di Klaten yang bisa dijadikan obyek wisata air, seperti umbul Brintik, Pluneng, Jolotundo dan lainnya. Dan sudah saatnya Klaten berbenah diri untuk mewujudkan harapan menjadikan Klaten sebagai  pusat wisata air di Jawa Tengah. (alfarought)
Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...