Latihan Mandiri. Siswa TK ABA Buntalan I Klaten, Outbond Ke Agro Wisata Karanganyar.



Siswa TK ABA Buntalan I Klaten berssama guru dan orang tua murid
KLATEN MATTANEWS.COMRabu pagi (29/3) sekitar 90 siswa TK ABA Buntalan I Klaten Jawa Tengah, berangkat ke obyak Agro wisata Karangangnyar Jawa Tengah dalam rangka melakukan extra kulikuler sekolah berupa kegiatan outbond. Dengan menggunakan 4 armada bus dan beberapa kendaraan pribadi anak anak didampingi orang tua wali murid dan seluruh guru pengajar bertolak dari sekolahan tepat pukul 07.00 pagi.

Kepala sekolah TK ABA Buntalan I Sugiyarti SPd menjelaskan kegiatan outbond merupakan bagian mata pelajaran extra kulikuler sekolah yang wajib diikuti oleh semua siswa dalam rangka mendidik jiwa kemandirian anak. Diharapkan dengan kegiatan ini anak akan semakin berani, mandiri dan peka dan peduli terhadap lingkungan alam di sekitarnya.

“ Ini merupakan kegiatan rutin setiap tahun sekali dalam rangka mencetak mental dan jiwa anak agar mampu mandiri, berpikir cerdas dan lebih peka, cepat tanggap dengan alam lingkungan. Kita berharap walau masih TK,  anak – anak TK ABA sudah memiliki rasa tanggung jawab dan kemandirian yang tinggi, sehingga kelak akan menjadi anak yang cerdas dan bertanggung jawab”, tegasnya.
Absen dan ambil senek dulu sebelum berangkat.
Menurut Sugiyarti di tempat tujuan, nantinya anak akan dilepas sendiri tanpa didampingi oleh orang tua murid. Mereka hanya dibimbing oleh para guru wali kelas masing-masing untuk melihat, mengetahui dan  berintraksi sendiri dengan obyek yang ada. Dengan demikian siswa akan berpikir dan berimanjinasi sendiri dengan apa yang mereka lihat. “Kita melatih imajinasi pikiran anak, sekaligus melatih kemandirian anak untuk bertanggung jawab bisa mengurus dirinya sendiri”, tegasnya.       

Sementara beberapa orang tua siswa mengaku senang dan mendukung kegiatan tersebut. Karena selain melatih anak untuk belajar hidup mandiri, anak- anak juga bisa refresing agar tidak jenuh selalu belajar didalam kelas.” Kegiatan ini baik dan positif. Selain mengajari anak belajar hidup mandiri, anak anak bisa refresing tidak jenuh selalu ada didalam kelas”, ujar Nifta F Jannah salah satu orang tua siswa (pakgl)
Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...