Klaten "Darurat" Tawon Endas. Petugas Damkar Diserang Ribuan Tawon Saat Evakuasi.


Petugas Damkar tengah evakuasi sarang tawon dirumah warga
KLATEN MATTANEWS,COMRibuan tawon gung atau lebih dikenal dengan nama tawon endas menyerang petugas pemadam kebakaran Klaten yang tengah berusaha mengevakuasi sarang tawon dirumah warga di desa Sobayan, Kecamatan Pedan Klaten Jawa Tengah. Walau tidak sempat menelan korban jiwa, namun keberadaan tawon Endas yang sempat merenggut nyawa balita beberapa waktu lalu mengisyaratkan Klaten dalam kondisi “darurat” tawon.

Aksi evakuasi sarang tawon raksasa di rumah warga ini sendiri cukup menegangkan. Tiga personil anggota Damkar Klaten sempat kewalahan dengan serbuan ribuan tawon endas, walau ketiganya sudah memakai pakaian anti tawon. Namun berkat keberanian petugas sarang tawon raksasa yang berada diatas rumah warga tersebut dapat dievakuasi tanpa menimbulkan korban.


Menurut warga tawon yang berada dirumah Parno, selama ini cukup meneror warga. Walau tak sempat menimbulkan korban, namun sedikitnya sudah ada laporan akan “keganasan” tawon edas, namun tidak ada yang berani mengevakuasi. Hal ini, selain jumlah tawonya mencapai ribuan, sarangnya sangat besar. Sehingga warga takut bertindak.
Petugas sempat kewalahan dari serbuan tawon
Tawon endas selama aini memang termasuk jenis tawon ganas yanag cukup “mematikan”. Ciri ciri tawon ini berwarna hitam dibagian tengahnya ada warna kuning dan lebih besar dibanding dengan tawon biasa. Sarang tawon endas terbuat dari tanah dan serabut kayu halus yang bisa membesar sebesar gentong atau karung goni.

Darurat Tawon di Klaten bukan tanpa alasan. Karena menurut catatan yang ada sejak bulan Januari 2017 sudah lebih dari 33 laporan masuk ke Dinas Damkar Klaten. Dan dari catatan yang ada sedikitnya ada 20 sarang tawon “raksasa” di Klaten dan baru 7 yang berhasil dievakuasi atau dimusnahkan. Tragedi Tawon Endas di Klaten pernah terjadi saat seorang balita tewas karena sengatan tawon endas beberapa waktu lalu.(sin/red)
Share on Google Plus

Salam mattanews com

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...