Kejaksaan Negeri Klaten Musnahkan 410.600 Linting Rokok Tanpa Cukai



Rokok ilegal (foto istw ant)
KLATEN MATTANEWS.COM -  Sebanyak  410.600 Batang rokok dari berbagai “merek” tidak bercukai Senin siang ( 20/10) dimusnahkan Kejaksaan Negeri (Kejari) Klaten. Rokok ilegal tanpa cukai tersebut diproduksi Didit Pranoto warga  Desa Tarubasan, Kecamatan Karanganom. Akibat dari perbuatan tersebut negara dirugikan sekitar Rp 320 juta.

Kasipidsus Kejari Klaten, Nurul Anwar tersangka Didit yang tertangkap tangan oleh KPPBC ( Kantor Pegawasan Dan pelayanan Bea Dan Cukai) Surakarta pada 27 Maret 2016 terbukti melanggar pasal 50 Undang-Undang (UU) Nomor 39 Tahun 2007 tentang Cukai.

Menurut Nurul Anwar, seharusnya sebelum memproduksi pelaku usaha harus mengantongi ijin nomor pokok pengusaha barang kena cukai (NPPBKC) terlebih dahulu dan membayar cukai dari barang yang dihasilkan. Namun yang dilakukan pelaku justru mengabaikan semua aturan tersebut. Tiga kali memproduksi dengan total cukai yang seharusnya dibayar sebesar Rp 320 juta tidak dilakukan.

Akibat perbuatannya yang bersangkutan dijerat pasal 50 Undang-Undang (UU) Nomor 39 Tahun 2007 tentang Cukai. Yang bersangkutan  akhirnya dijatuhi hukuman pidana penjara dua tahun dan denda Rp 650 juta, subsider empat bulan kurungan.(ful/rtv)

Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...