Berantas Hama Padi Siswa SD dan Petani Trotok Tanam Refugia.



Siswa/siswi SDN Trotok Wedi Klaten tanam bunga Refugia
KLATEN MATATANEWS.COM - Kelompok Tani Mardi Rahayu Desa Trotok bersama civitas SD Negeri 1 Kadibolo, Kecamatan Wedi, Kabupaten Klaten menanam tanaman refugia di sepanjang jalan utara Dukuh Trotok, Rabu (15/3). Gerakan menanam bunga Kenikir ini dimaksudkan untuk mencegah munculnya organisme pengganggu tanaman atau hama yang sering menyerang tanaman padi di persawahan petani, selain juga berfungsi menambah keindahan jalan.

Ketua Kelompok Tani Mardi Rahayu Desa Trotok, Suyamto mengatakan, penanaman refugia merupakan upaya petani dalam mencegah munculnya hama tanaman padi secara alami. Dan dalam kegiatan tersebut juga, penyuluh pertanian swadaya, Babinsa, SDN 1 Kadibolo, serta warga peduli lingkungan.

Akhir akhir ini sebagian tanaman padi di Desa Trotok yang mulai terserang hama tungro, stripe, dan klaverde. Maka selain obat kimia petanai sepakat menggunakan tanaman Refugia guna memberantas ama secara alami, karena tanaman refugia  adalah musuh alami hama padi.

Sementara Kepala SDN 1 Kadibolo, Rusmi menyambut baik gerakan menanam refugia ini, karena sejalan dengan himbauan plt Bupati Hj Sri Mulyani dalam upaya mewujudkana Klaten kota sejuta bunga. “Gerakan menanam mendidik anak-anak untuk mencintai lingkungan. Dan dalam kegiatan ini kami melibatkan 150 anak dari kelas 3 sampai kelas 6, dan para guru,”ujaranya.(laurent)

Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...