Baleg DPR RI Sosialisasi Undang Undang Desa Di Klaten


Kunjungan Baleg DPR RI diterima plt Bupati Klaten Hj Sri Mulyani
KLATEN MATTANEWS.COM - Sebanyak 12 orang anggota Badan Legislasi (Baleg) DPR RI melakukan kunjungan kerja di Klaten Jumat (24/3). Rombongan  dipimpin Wakil Ketua Baleg DPR RI Firman Subagyo ini diterima  Plt Bupati Klaten Sri Mulyani, Forkominda Klaten, Pimpinan DPRD Klaten, serta pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Klaten di Pendopo Kabupaten Klaten.

Dalam kunjungan tersebut Baleg melakaukan sosialisasi  Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa oleh Badan Legislasi DPR, paparan Tata Kelola Keuangan Desa, Tata Kelola Aset Desa, dan Tata Kelola Keuangan BUMDesa oleh Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Disertai pula paparan Penentuan Prioritas Penggunaan Keuangan Desa, Pembangunan Desa dan BUMDes oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi yang  diikuti 400 peserta terdiri dari Camat, Kepala Desa, tokoh masyarakat.

Wakil Ketua Baleg DPR RI Firman Subagyo menjelaskan, maksud kedatangannya ke Klaten antara lain untuk mensosialisasikan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa yang sudah diterbitkan beberapa waktu yang lalu. Sosialisasi itu sendiri untuk memenuhi permintaan dari sejumlah desa.

“Sosialisasi Undang-Undang Desa di Klaten ini merupakan yang pertama kalinya di seluruh kabupaten atau kota di Indonesia. Ini karena begitu pentingnya Undang-Undang Desa yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraaan masyarakata desa itu,” ujarnya.

Menurut Firman Subagyo, didalam UU Nomor 6 tahun 2014 antara lain mengatur pengelolaan keuangan desa, sehingga keberdaannya sangat mendesak untuk dimengerti oleh aparat pemerintahan desa dan masyarakat.  Pengelolaan keungan desa ini menjadi urgen untuk diketahui masyarakat  agar bantuan keuangan dari pemerintah dapat dimanfaatkan dengan baik dan benar serta sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Sementara Plt Bupati Klaten Sri Mulyani mengatakan, setelah diterbitkannya Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, maka kepala desa dan perangkat desa diminta untuk mampu membangun hubungan harmonis dengan masyarakat, sekaligus memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat.  “Pemerintah Desa mengemban peranan yang sangat penting dalam menciptakan kerukuran dan kesejahteraan masyarakat,” katanya.(laurent)

Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...