Andrienne dan Kristine Dua Warga San Fransisco Amerika Getol Belajar Batik Mbayat Klaten.



Dua warga Amerika serius belajar batik di Bayat
KLATEN MATTANEWS.COM -  Dua turis asal California Amerika Serikat yakni Andriene Rodriguez asal California dan Kristine Vejar asal San Fransisco blusukan ke desa Kebon, Kecamatan Bayat, Klaten Jawa Tengah untuk belajar tentang batik Bayat yang sudah cukup populer dan merambah pasar San Fransisco mareka. Selama 4 hari mereka belajar banyak tentang batik. Mulai dari persiapan kain, membantik hingga kain jadi dan siap pakai.

Selama 4 hari di Kebon dua warga manca negara ini tampak serius dan telaten belajar dan memperhatikan semua keterangan yanag disampaikan oleh pemandu sekaligus pengerajin batik Mbayat. Merekapun mengaku kagum dengan potensi budaya dan hasil produksi tradsional Indonesia yang memiliki nilai budaya sangat tinggi.

“Saya kagum dan sangat tertarik dengan seni budaya batik dan alam di sini, sungguh indah luar biasa. Ditambah orangnya baik  dan ramah, saya jadi betah disini”, ujar Andriene dengan bahasa Indonesis patah patah.
Kristine serius belajar batik demi budaya leluhur
Dalmini salah satu pengarajin Batik asal Bayat Klaten menjelaskan ketertarikan da warga Amerika tersebut bermula saat dirinya diundang konsulat jendral RI di San Fransisco Amerika beberapa bulana lalu,  untuk memberi pelatihan membatik di wisma Indonesia.  Saat itulah dirinya bertemu dengan kedua warga Amerika tersebut dan menyatakan ketertarikanya.

“ Mereka mengaku  kagum akan batik Indonesia khusunya batik dari Bayat. Maka merekapun berniat datang ke Indonesia untuk belajar memperdalam ilmu tentang membatik. Mereka sangat tertarik dengan batik Bayat yang sudah punya nama di san Fransisco. Maka setelah saya pulang dari Amerika, 4 bualan kemudian mereka menyusul saya keseni” ujar Dalmini yang juga sekretaris kelompok batik Kebon Indah Bayat Klaten.(sin/red)
Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...