342 Siswa SD Mendapat Pemeriksaan dan pengobatan Gratis Dari RSUD Bagas Waras Klaten.



Siswi SD Negeri Buntalan I saat mendapat pemeriksaan.
KLATEN MATTANES.COM -  Sedikitnya 342 siswa sekolah dasar SD Buntalan I dan SD Buntalan III Klaten Tengah, Klaten Jawa Tengah, mendapat layanan kesehatan pengobatan dan pemeriksaan kuping gratis. Layanan ini diberikan Komite Daerah Penanggulangan Gangguan Pendengaran dan Ketulian (Komda PGPKT) Kabupaten Klaten bekerja sama dengan RSUD Bagas Waras.

Pelayanan kesehatan pemeriksaan telinga dilakukan sejak pukul 08.00 di ruang kelas SD masing-masing. Dipimpin langsung oleh ketua PGPKT Klaten dr Dinar Rosala Sp THTKL Mkes, sekitar 8 tenaga medis profesional dibidangnya memeriksa semua kuping para siswa termasuk para guru.

SD Buntalan I mendapat kesempatan pertama untuk mendapatkan pemeriksaan. 124 siswa dan siswi termasuk para guru diperiksa kesehatan kupingnya.” Alhamdulillah semua siswa kondisi kupingnya baik. Selama pemeriksaan kami hanya menemukan kuping yang kotor karena curak atau serumen yang disebabkan kuping jang dibersihkan. Tidak ada penyakit yang serius pada telinga mereka”, ujar dr Dinar Rosalla selaku ketua tim yang berjumlah 8 tenaga dokter specialist dan tenaga medis lainnya.

Lebih lanjut dr Dinar menjelaskan, kebersihan telinga dalam upaya menjaga kesehatan sangat penting agar pendengaran anak tetap sehat dan berfungsi dengan baik. Namun sayang hingga saat ini masih ada orang tua yang kurang memperhatikan kebersihan telinga anak, dimana masih banyak telinga  anak yang kotor karena curak.

“Anak adalah aset orang tua adan bangsa, maka kesehatan anak harus menjadi skala prioritas yang diutamakan. Terkait program PGPKT Klaten, kami akan bekerja maksimal dengana jangkauan lebih luas lagi, demi kesehatan Telinga anak Klaten, demi menuju Klaten sebagai Kabupaten telinga sehat”, ujar sang dokter yang bertugas di RSUD Bagas Waras Klaten ini.

Usai memeriksa murid SD Negeri Buntalan I, tim dokter dan tenaga medis lainnya menuju SD Negeri Buntalan III yang jaraknya sekitar 200 meter dari RSUD Bagas Waras. Di sini tim pimpinan dr Dinar langsung melakukan pemeriksaan dan pemeliharaan kuping pada 218 siswa siswi dan tenaga pengajar.

“Saya mengucapkan terima kasih pada PGPKT dan RSUD Bagas Waras Klaten yang telah berkenan melakukan kegiatan sosial di SD kami dalam gerakan memeriksa dan menjaga kesehatan telinga siswa. Kami semua berharap kedepan RSUD Bagas Waras tidak hanya melakukan pengobatan untuk telinga tapi bisa pada kesehatan yang lebih umum dan luas lagi”, ujar Sri wahyuningsih salah satu guru. (farouq)
Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...