Plt Bupati Hj Sri Mulyani Kukuhkan Dewan Kesenian Klaten Priode 2017 -2021


 
Plt Bupati menetima cindera matta
KLATEN MATTANEWWS.COM - Selasa malam (21/02) Plt Bupati Klaten Hj Sri Mulyani mengukuhkan pengurus dewan kesenian kabupaten Klaten Periode 2017-2021. Pengkuhan terhadap 94 orang pengurus harian, komite seni, dan lain-lain tersebut dilakukan diadakan di pendopo Kabupaten Klaten.

Susunan keanggota dewan kesenian yang dikukuhkan, antara lain Pelindung Bupati dan Wakil Bupati Klaten, Penasehat 15 orang, kelompok dewan Pakar  lima orang. Pengurus Harian ketua Umum H Sunarno dibantu 5 orang ketua, Sekretaris Umum Djoko Sardjono dibangtu 6 orang, Bendahara umum Irawan Margono dibantu 4 orang yang lain.

Kepengurusan juga dilengkapi 72 personal yang tersebar di bebarapa cabang : A Cabang Seni rupa terdiri komite seni lukis dan seni patung, B. Cabang Seni Tari terdiri Komite Tari tardisi dan Tari Kreasi, C Seni Musik terdiri Musik Diatonis dan Karawitanm, D Seni Sastra terdiri Komite Sastra Jawa dan Sastra Indonesia, E Cabang Seni Media Rekam terdiri Komite Fotograper dan Audio Visual dan Film. Disamping itu juga F Seni Teater terdiri Komite Pedalangan, Ketoprak dan Guyon Maton, Srandul , Srontol dan Komite Teater Modern, serta Bagian Hubungan Masyarakat / Mass Media   

Ketua Penyelenggara, Setyawan Ds dalam laporannya mengatakan, pengukuhan dewan kesenian ini menampilkan kolaborasi seni dari masing-masing komite yang ada di dewan kesenian dikemas dalam Sendratari yang berjudul SUMPAH AMUKTI PALAPA. Kegiatan melibatkan 100 seniman setempat tersebut,  disutradarai oleh Ki Jaka Krisnanto diiringi oleh Paguyuban Pangrawit BANDUNG BANDAWASA pimpinan Ki Marsono.

Lebih lanjut Setyawan mengatakan, dewan kesenian masa bhajkti 2017-2021 mempunyai program untuk mengadakan pembinaan, pengembangan dan pelestarian seni budaya daerah membantu pemerintah dalam peningkatan aktifitas, kwalitas dan apresiasi seni budaya dan beruapaya meningkatkan kesejahteraan seniman daerah. “ Dewan kesenian berupaya Meluhurkan, mengembangkan dan Melestarikan Seni budaya dengan Motto Nguripke, Ngurubke lan Ngirapke Seni Budaya “ ujarnya.

Plt Bupati Klaten Hajah Sri Mulyani mengatakan, kiprah dewan kesenian Klaten dalam memajukan kesenian daerah setempat tidak diragukan lagi, hal inu menunjukkan mereka mampu melewati persoalan yang dihadapinya. Keberhasilan tersebut tidak lepas dari loyalitas dan komitmen pengurus sebagai bapak angkat kesnian daerah setempat. “ Pengurus yang dikukuhkan diminta agar tetap dapat menjaga perjuangan dan komitmen dalam pengelolaan sumberdaya kesenian yang ada dengan menjadikan masyarakat sebagai basis pengembanggannya “ harapnya(han/mas)
Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...